Kompas.com - 03/08/2020, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comMengendarai motor tentunya harus memerhatikan keselamatan. Namun masih ada saja pengendara yang menyepelekan faktor keselamatan, salah satunya menoleh jika ingin manuver.

Melakukan manuver seperti berbelok atau pindah lajur sangat berbahaya jika tidak menoleh. Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, pengendara yang tidak menoleh saat manuver tidak ingat kalau ada blindspot pada motor.

“Biasanya karena dia sudah merasa menyalakan lampu sein dan melihat dari kaca spion saja. Padahal ada area blindsopt yang tidak dapat terlihat dari kaca spion,” kata Agus kepada Kompas.com, Senin (3/8/2020).

Baca juga: Ada Masalah Fuel Pump, Toyota Recall Kijang Innova dan Fortuner

Blind spot pada sepeda motorarchive.kaskus Blind spot pada sepeda motor

Perilaku tidak menoleh saat ingin manuver ini lah yang sering menyebabkan kecelakaan di jalan raya. Pengendara biasanya tidak sadar akan adanya blindspot pada motor. Perlu diingat, blindspot pada motor lumayan besar saat berkendara.

“Blindspot pada motor yaitu sepertiga bagian dari pandangan belakang pengendara. Jadi kalau dengan bantuan kaca spion, kita tidak dapat melihat penuh pandangan ke belakang, harus dibantu dengan sedikit menengok,” ucap Agus.

Baca juga: Pemilik Mobil Matik, Begini Cara Menghadapi Turunan

Kebiasaan menoleh ini perlu dilakukan oleh pengendara motor. Bagi yang belum terbiasa, bisa dengan melatihnya secara berulang-ulang saat berkendara. Karena dengan hal sepele seperti ini, bisa mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

“Pengendara juga harus memahami area blindspot sehingga selalu waspada saat di jalan raya dan mengerti pentingnya menoleh saat ingin melakukan manuver,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.