Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Cacing Sepeda Motor, dari Balap Turun ke Harian

Kompas.com - 03/08/2020, 16:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit pemilik sepeda motor menggunakan ban kurus atau ban cacing. Padahal penggunaan ban cacing buat harian tidak disarankan karena berbahaya.

Ban cacing awalnya dibuat untuk keperluan drag bike. Tapi kemudian berkembang dipakai untuk motor harian. Pemakaiannya lintas model, mulai dari skutik hingga motor sport.

Baca juga: Yamaha Jupiter Z1 2020 Bersolek Ganti Baju

Elsafan Rendianto, Department Head Marketing PT Suryaraya Rubberindo Industries, produsen ban FDR mengatakan, pihaknya menyediakan model ban cacing tapi untuk balap bukan harian.

Penggunaan ban cacing untuk motor harian tidak direkomendasikanKompas.com/Donny Penggunaan ban cacing untuk motor harian tidak direkomendasikan

"Awalnya ban cacing memang diperuntukkan untuk drag dan keperluan modifikasi. Karena kami sebagai produsen ban, mencoba selalu menjawab kebutuhan pasar, termasuk di dalamnya kebutuhan untuk para modifikator," ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Elsafan melihat penggunaan ban cacing buat harian karena ada kecenderungan pengendara motor selalu ingin tampil beda atau tidak pernah puas dengan spesifikasi pabrikan.

Baca juga: Berlaku 6 Agustus 2020, Ini Titik Lokasi Kamera Tilang Elektronik

Pengendara motor juga selalu tertarik dengan dunia balap. Tak pelak ban cacing yang dipakai di ajang balap kemudian sering diaplikasi di ranah modifikasi, dan berlanjut buat harian.

Motor modifikasi ban cacing masih dipakai untuk mudikOtomania Motor modifikasi ban cacing masih dipakai untuk mudik

"Mengenai penggunaan harian, kami kembalikan sepenuhnya ke masing-masing pengguna. Namun kami sarankan para rider ini untuk tetap memperhatikan aspek safety dan regulasi yang berlaku," kata Elsafan.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk., selaku produsen ban motor IRC, mengatakan, IRC juga memiliki ban cacing yang diperuntukkan drag bike.

"Kita ada IRC Speed King, tapi ini khusus untuk drag bike. Tidak direkomendasikan untuk harian. Drag bike kan lurus saja, tidak ada cornering," ujar Dodi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com