Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mudah Jaga Komponen Rem Mobil Tetap Awet

JAKARTA, KOMPAS.com - Komponen rem adalah salah satu yang paling krusial pada setiap kendaraan, termasuk mobil. Komponen ini juga yang sering digunakan setiap kali berkendara.

Namun, meski sering digunakan, bukan berarti tidak ada cara untuk membuatnya tetap awet. Sehingga, pemilik kendaraan jadi bisa menunda pengeluaran buat penggantian partnya, dan mobil jadi nyaman juga dikendarai.

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, mengatakan, setidaknya ada beberapa hal sederhanya yang perlu diperhatikan pemilik kendaraan.

"Pertama, usahakan untuk tidak melewati genangan air atau lumpur, supaya mencegah kotor dan lengket pada komponen rem," ujar Nurrahman, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Nurrahman menambahkan, kedua, gunakan suku cadang asli karena spesifikasi sesuai. Sehingga, tidak mengakibatkan bunyi ataupun disc brake terkikis.

"Ketiga, jangan sering menekan pedal rem bersamaan dengan gas sekaligus, di mana ini biasanya terjadi pada mobil bertransmisi otomatis," kata Nurrahman.

Sslanjutnya, yang keempat, pastikan kualitas dan kuantitas minyak rem. Tujuannya, agar efektifitas dan efisiensi pengereman baik, dan dengan spesifikasi yang sesuai.

Umumnya, kampas rem untuk matil perlu diganti tiap 20.000 km atau satu tahun. Sedangkan untuk mobil manual, pergantiannya bisa tiap 40.000 km atau dua tahun.

“Namun, itu tak bisa jadi patokan, masih tergantung dari pemakaiannya sendiri,” ujar Nurrahman.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/03/104200715/cara-mudah-jaga-komponen-rem-mobil-tetap-awet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke