Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Hemat Urus Mobil, Jaga Rem Mobil Saja Dulu

Kompas.com - 18/06/2020, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19 atau virus corona, selain menjaga kesehatan, penting juga untuk berhemat. Salah satu cara berhemat bisa dilakukan dengan menjaga komponen rem mobil.

Dengan menjaga komponen rem, maka usia pakainya menjadi lebih panjang. Sehingga, pengeluaran juga bisa tertunda untuk penggantian komponennya. Selain itu, mobil juga tetap nyaman dikendarai.

Baca juga: Jurus Jitu Kampas Rem Mobil Matik Jadi Awet

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, mengatakan, ada beberapa hal sederhana yang perlu diperhatikan pemilik kendaraan.

Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.STANLY RAVEL-KOMPAS.com Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.

"Usahakan untuk tidak melewati genangan air atau lumpur, supaya mencegah kotor dan lengket pada komponen rem," ujar Nurrahman, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Nurrahman menambahkan, gunakan suku cadang asli, karena spesifikasinya sesuai. Sehingga, tidak mengakibatkan bunyi ataupun disc brake terkikis.

Baca juga: Rem Mobil Bergetar saat Diinjak, Apa Penyebabnya?

"Jangan sering menekan pedal rem bersamaan dengan gas sekaligus, di mana ini biasanya terjadi pada mobil bertransmisi otomatis," kata Nurrahman.

Selain itu, penting juga untuk memastikan kualitas dan kuantitas minyak rem. Tujuannya agar efektivitas dan efisiensi pengereman baik, dan spesifikasinya juga sesuai dengan yang dibutuhkan.

Untuk penggantian rutin sendiri, kanvas rem untuk matik sendiri umumnya pada 20.000 km sekali atau satu tahun, sedangkan manual 40.000 km atau dua tahun. Namun, itu tak bisa jadi patokan, masih tergantung dari pemakaiannya sendiri atau cara berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com