Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/08/2020, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pemilik mobil wajib hukumnya melakukan servis berkala, baik di bengkel resmi atau umum. Fungsinya, untuk tetap menjaga kondisi mobil tetap prima.

Jika datang ke bengkel resmi, pemeriksaan akan dilakukan berdasarkan jumlah jarak tempuh dalam ukuran kilometer (km). Lantas, apakah menguras tangki bahan bakar minyak (BBM) termasuk dalam perhitungannya?

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, secara reguler hal tersebut tidak diperlukan. Sebab, pengurasan akan dilakukan jika ada gejala kurang baik pada saluran BBM.

“Biasanya suplai bahan bakar menjadi tidak lancar. Itu perlu juga di cek, ditakutkan ada yang mengendap dan kalau ada perlu dikuras,” ujar Anjar kepada Kompas.com.

Baca juga: Awas Overload, Begini Cara Menghitung Bobot Maksimum Mobil

Ilustrasi bagian mulut tangki BBMGridOto.com Ilustrasi bagian mulut tangki BBM

Anjar menjelaskan, semua tergantung pada jenis bahan bakar yang dikonsumsi mobil tersebut. Seharusnya jika menggunakan BBM dengan oktan tinggi maka tidak akan terjadi, kecuali menambah zat aditif, itupun ada ketentuannya.

Baca juga: Honda Kembangkan Motor V4 Baru buat Kalahkan RC213V-S

“Jika setelah pakai aditif, mobil jarang digunakan sampai berbulan-bulan, bisa jadi ada yang mengendap. Tetapi jika tidak seperti itu, menurut saya tidak perlu,” katanya.

Anjar menyarankan, jika harus menguras lakukanlah di bengkel resmi. Sebab, tidak bisa dikerjakan sendiri di rumah. Ketika membuka tangki posiis mobil harus diangkat.

“Sedangkan kalau di rumah kan tidak ada alatnya, jadi sulit sekali,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.