Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Rem Mobil Bunyi Berdecit

Kompas.com - 15/07/2020, 19:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Munculnya bunyi aneh saat berkendara seperti berdecit ketika menginjak rem tentu akan mengurangi kenyamanan pengemudi mobil di kabin.

Kondisi ini kerap dialami oleh pengendara yang melaju dalam kondisi hujan atau ketika melintasi genangan air. Hal tersebut sebetulnya wajar terjadi, mengingat perangkat rem menjadi basah lantaran terkena air.

Fenomena tersebut tidak selalu menjadi pertanda adanya masalah atau penurunan perfoma komponen rem.

Seperti yang dikatakan Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, menurutnya bunyi decit tersebut akan hilang ketika perangkat pengereman berangsur kering.

Baca juga: Kawasaki ZX-25R Made in Indonesia Belum Buat Ekspor

“Jika bunyi decit tersebut berlangsung secara terus menerus, sebaiknya disegerakan untuk melakukan pemeriksaan. Sebab itu bisa menjadi indikasi adanya masalah pada perangkat rem," ujar Anjar saat dihubungi Kompas.com, Rabu (15/7/2020)

Pemilik kendaraan juga perlu mengetahui bahwa penyebab bunyi rem mobil berdecit bisa jadi karena adanya tumpukan kerak kotoran seperti debu atau residu oli di cakram dan tromol.

Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.STANLY RAVEL-KOMPAS.com Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.

“Kotoran berupa debu ini bisa terjepit antara disc dengan kampas, sehingga menimbulkan bunyi,” kata Anjar.

Tidak hanya itu saja, kampas rem yang menipis atau telah habis juga bisa membuat rem mobil mengeluarkan bunyi decit. Ini lantaran brake wear indicator pada kampas rem beregesekan dengan disc brake.

Baca juga: Bangkok Motor Show 2020 Resmi Digelar dengan Protokol Ketat

“Sebaliknya, jika bunyi decit muncul namun ketebalan kampas rem masih baik bisa jadi kampas rem yang digunakan memiliki kualitas yang kurang bagus,” ucapnya.

Disarankan setiap melakukan servis berkala ke bengkel langganan, minta mekaniknya untuk memeriksakan sistem pengereman juga.

Namun, apalabila pemilik kendaraan ingin melakukan perawatan rem sendiri di rumah bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

1. Tanggalkan roda, kemudian lepas brake pad dari kaliper dan bersihkan menggunakan cairan brake cleaner

2. Jangan lupa untuk semprot disc breake dengan brake cleaner agar terbebas dari debu dan oli.

3. Jika mendapati permukaan kampas rem terlalu licin, gunakan amplas kasar untuk membuat permukaan brake pake lebih kasar. Sehingga tidak menimbulkan slip saat direm.

4. Apabila bunyi tidak hilang, segera lakukan penggantian kampas rem di bengkel terdekat sesuai dengan standar pabrikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com