Bukan Hanya Sekadar Kosmetik Mobil, Ini Fungsi Penting Grill

Kompas.com - 02/08/2020, 09:01 WIB
active airstream kidney grille Stanly/KompasOtomotifactive airstream kidney grille

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak jarang pemilik kendaraan yang benar-benar memahami fungsi dari grill yang terletak pada bagian depan mobil. Bukan hanya seagai riasan atau sekedar tempat para produsen mobil meletakkan logo mereka, grill ternyata memiliki fungsi yang cukup penting.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi, mengatakan, fungsi utama grill pada mobil adalah sebagai saluran masuk angin untuk mendinginkan mesin.

“Angin akan masuk dan mendinginkan kisi-kisi radiator. Sehingga, suhu ideal mesin dapat terjaga secara optimal. Selain sebagai saluran angin ke radiator, grill juga termasuk ke dalam bagian eksterior mobil,” ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (1/8/2020).

Baca juga: Jika Merasakan Gejala Seperti Ini, Berarti Mobil Butuh Spooring

Jika angin tidak masuk dengan baik pada lubang-lubang grill ini, temperatur mesin bisa meningkat dan mesin akan mengalami overheat dan mogok. Maka itu, Bambang mengimbau pemilik mobil untuk tidak menutupi bagian grill.

Grill Fortuner TRDStanly/Otomania Grill Fortuner TRD

Baca juga: Catat, Ini Bahaya Potong Per Saat Bikin Mobil Lebih Ceper

“Beberapa kasus ada pemilik mobil yang menutup grill dengan spanduk saat ada cara tertentu. Padahal, tindakan tersebut dapat menghambat aliran udara dan efek terburuknya mobil akan mengalami overheating,” katanya.

Fungsi lain dari grill selain sebagai saluran udara, juga sebagai penambah nilai estetika. Beberapa pabrikan mobil ada yang sengaja mempertahankan bentuk grill mereka, karena sudah menjadi hal yang ikonik dari mobil tersebut.

Selain itu, grill juga bisa berfungsi untuk meningkatkan aerodinamika suatu mobil. Beberapa mobil yang ada membuat desain grilnnya semakin minim lubang untuk mengalirkan udara ke ruang mesin.

Tujuannya agar udara yang menabrak area depan mobil dialihkan melalui sisi samping atau atas mobil. Dengan kata lain, mobil tidak terlalu tahan oleh angin.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X