Recall Fuel Pump Honda Sudah Berjalan 10 Persen

Kompas.com - 01/08/2020, 13:01 WIB
Mengenal logo Honda RS KOMPAS.COM/STANLY RAVELMengenal logo Honda RS
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) pada pertengahan Juli 2020, mengumumkan kampanye perbaikan atau recall, bagi jajaran produknya. Secara total, ada 85.025 unit yang terdampak recall akibat masalah pada fuel pump.

Unitnya yang terjangkit masalah fuel pump itu pun cukup beragam. Mulai Honda BR-V, Mobilo, Brio, HR-V, CR-V, Civic, City, hingga Accord yang diproduksi mulai dari 2017 hingga 2019.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing PT HPM, mengatakan hingga saat ini proses perbaikan untuk fuel pump masih berlangsung di jaringan diler-diler yang ada ada di Indonesia.

Baca juga: Rush Diklaim Banyak Terjual pada Pameran Virtual Toyota

" Recall fuel pump sudah sekitar 10 persen yang kami perbaiki. Sudah cukup banyak juga dari pemilik mobil yang masuk untuk booking juga," ucap Billy kepada Kompas.com, Jumat (31/7/2020).

Ilustrasi bengkel HondaDok. HPM Ilustrasi bengkel Honda

Meski masih berjalan, namun bukan berarti tanpa kendala. Menurut Billy, ada beberapa halangan yang membuat proses perbaikan bisa membutuhkan waktu lama, salah satunya bila mobil konsumen sudah berpindah tangan.

Kondisi tersebut menurut Billy akan membuat pihaknya cukup sulit untuk menghubungi pemilik berikutnya. Apalagi bila pengguna barunya belum mengganti nama dan jarang melakukan perawatan kendaraan di bengkel resmi.

Baca juga: Sebelum Indonesia, Honda Malaysia Sudah Umumkan Recall

"Kendala memang ada di used car ya, ini cukup repot untuk kami untuk memberikan informasi terkait masalah recall ini karena kami pun tak bisa menghubungi harus ke mana. Menyikap ini, kami coba intens menggunakan komunikasi dari situs resmi dan media sosial untuk memberikan informasi," ujar Billy.

Deretan mobil Honda yang direcall akibat masalah pompa bensin di MalaysiaPaultan.org Deretan mobil Honda yang direcall akibat masalah pompa bensin di Malaysia

Kampanye perbaikan fuel pump dilakukan sebagai tindakan pencegahan mengingat masalah tersebut bisa menimbulkan potensi mesin yang tak dapat dihidupkan. Bahkan kondisi mesin bisa berhenti tiba-tiba ketika sedang digunakan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X