Semakin Banyak Toyota Hiace Seliweran di Jalan Ibu Kota

Kompas.com - 01/08/2020, 09:22 WIB
Toyota Astra Motor di pameran GIICOMVEC 2020 KOMPAS.com/FathanToyota Astra Motor di pameran GIICOMVEC 2020

JAKARTA, KOMPAS.comMikrotrans Jak Lingko yang berfungsi sebagai angkutan penumpang bus Transjakarta akan menggunakan kendaraan baru. Kendaraan niaga yang digunakan yaitu Suzuki Carry terbaru dan Toyota Hiace.

Suzuki Carry yang akan digunakan merupakan produk dari karoseri DSP Styling di Bogor. Sedangkan Toyota Hiace yang akan digunakan nampaknya serupa dengan yang pernah dipamerkan saat gelaran GIICOMVEC 2020 Maret lalu.

Pada waktu itu, mobil yang biasa untuk armada travel ini diberi nama Hiace Public Transport Concept. Vehicle Conversion Development Chief Leader PT Sugity Creatives, Aria Hilasana mengatakan, tujuan dari konsep ini yaitu untuk menunjukkan kalau MPV besar bisa digunakan untuk bermacam kebutuhan.

Baca juga: Rush Diklaim Banyak Terjual pada Pameran Virtual Toyota

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan peninjauan dan memperkenalkan Spesifikasi Teknis Mobil Bus Kecil Mikrotrans Jak Lingko kepada perwakilan dan operator Jak Lingko Bus Kecil. (27/07/20) Kapasitas angkut lebih banyak dan dilengkapi dengan fasilitas AC untuk meningkatkan kenyamanan. #dishubdkijakarta #JakLingko Foto Dokumentasi Tim Humas dan Media Dishub

A post shared by DISHUB PROVINSI DKI JAKARTA (@dishubdkijakarta) on Jul 26, 2020 at 9:42pm PDT

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

“Konsep ini dibuat untuk menunjukkan kalau Hiace bisa dibuat untuk jadi transportasi umum. Menjadi pilihan transportasi yang lebih nyaman dan luas dibanding angkutan perkotaan,” ucap Aria kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ubahan yang dilakukan pada eksterior memang tidak terlalu banyak. Ubahannya meliputi adanya LED running text yang ada di atap bagian depan. Kemudian ubahan pada pintu geser di samping kiri yang sekarang bisa dibuka otomatis.

“Pada bagian interior, ubahan ada pada bentuk kursi yang dibuat saling berhadapan, seperti di angkutan perkotaan. Selain itu, ada penggantian bahan lantai dan langit-langit menggunakan material yang lebih mudah untuk dibersihkan dan ada penambahan LED monitor,” kata Aria.

Baca juga: Cuci Mobil Sendiri, Sebaiknya dari Bagian Atas atau Bawah Dahulu?

Perbedaan dengan unit yang Maret lalu dipamerkan di Giicomvec 2020 yaitu dengan adanya penambahan stiker Jak Lingko pada seluruh bodi dengan gabungan warna silver di depan dan biru di belakang.

Pada 27 Juli 2020, unit Jak Lingko yang menggunakan armada Suzuki Carry dan Toyota Hiace ini sedang ditinjau oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Selain ditinjau, armada baru ini juga diperkenalkan kepada perwakilan dan operator Jak Lingko mengenai spesifikasinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.