Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semakin Banyak Toyota Hiace Seliweran di Jalan Ibu Kota

Kompas.com - 01/08/2020, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMikrotrans Jak Lingko yang berfungsi sebagai angkutan penumpang bus Transjakarta akan menggunakan kendaraan baru. Kendaraan niaga yang digunakan yaitu Suzuki Carry terbaru dan Toyota Hiace.

Suzuki Carry yang akan digunakan merupakan produk dari karoseri DSP Styling di Bogor. Sedangkan Toyota Hiace yang akan digunakan nampaknya serupa dengan yang pernah dipamerkan saat gelaran GIICOMVEC 2020 Maret lalu.

Pada waktu itu, mobil yang biasa untuk armada travel ini diberi nama Hiace Public Transport Concept. Vehicle Conversion Development Chief Leader PT Sugity Creatives, Aria Hilasana mengatakan, tujuan dari konsep ini yaitu untuk menunjukkan kalau MPV besar bisa digunakan untuk bermacam kebutuhan.

Baca juga: Rush Diklaim Banyak Terjual pada Pameran Virtual Toyota

 

“Konsep ini dibuat untuk menunjukkan kalau Hiace bisa dibuat untuk jadi transportasi umum. Menjadi pilihan transportasi yang lebih nyaman dan luas dibanding angkutan perkotaan,” ucap Aria kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ubahan yang dilakukan pada eksterior memang tidak terlalu banyak. Ubahannya meliputi adanya LED running text yang ada di atap bagian depan. Kemudian ubahan pada pintu geser di samping kiri yang sekarang bisa dibuka otomatis.

“Pada bagian interior, ubahan ada pada bentuk kursi yang dibuat saling berhadapan, seperti di angkutan perkotaan. Selain itu, ada penggantian bahan lantai dan langit-langit menggunakan material yang lebih mudah untuk dibersihkan dan ada penambahan LED monitor,” kata Aria.

Baca juga: Cuci Mobil Sendiri, Sebaiknya dari Bagian Atas atau Bawah Dahulu?

Perbedaan dengan unit yang Maret lalu dipamerkan di Giicomvec 2020 yaitu dengan adanya penambahan stiker Jak Lingko pada seluruh bodi dengan gabungan warna silver di depan dan biru di belakang.

Pada 27 Juli 2020, unit Jak Lingko yang menggunakan armada Suzuki Carry dan Toyota Hiace ini sedang ditinjau oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Selain ditinjau, armada baru ini juga diperkenalkan kepada perwakilan dan operator Jak Lingko mengenai spesifikasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com