Yamaha Bongkar Rahasia Quartararo Bisa Dominasi Dua Balap MotoGP 2020

Kompas.com - 30/07/2020, 15:31 WIB
Fabio Quartararo Foto: Instagram/ Fabio QuartararoFabio Quartararo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, secara mengejutkan berhasil mendominasi dua awal seri balap MotoGP 2020. Kini, pada klasemen sementara ia berhasil mengumpulkan 50 poin.

Direktur tim, Johan Stigefelt mengatakan bahwa capaian tersebut merupakan hasil dari jerih payah Quartararo yang tak pernah puas dan terus berupaya berkembang.

Pasalnya, pebalap asal Perancis tersebut baru "naik kelas" ke kelas GP pada tahun lalu.

Baca juga: Tanpa Poin, Marc Marquez Diprediksi Bakal Lakukan Hal Gila di GP Ceko

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, berduel dengan Valentino Rossi di MotoGP Andalusia, Sirkuit Jerez, Minggu (26/7/2020).AFP/JAVIER SORIANO Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, berduel dengan Valentino Rossi di MotoGP Andalusia, Sirkuit Jerez, Minggu (26/7/2020).

"Sulit untuk menggambarkan teknik berkendara Quartararo, tetapi dia merupakan pebalap yang disiplin, tidak pernah membuat kesalahan," kata Stigefelt dilansir Autosport, Rabu (29/7/2020).

"Quartararo selalu menempatkan motor di situasi yang sama, area pengereman yang sama, di mana pun itu," lanjutnya.

Stigefelt juga mengaku terkejut usai membuka data Quartararo selama berlaga sebagai pebalap utamanya.

"Pembalap lain selalu melakukan kesalahan seperti menekan rem terlalu lambat atau menekan gas terlalu cepat. Tetapi dia begitu disiplin dan teliti sehingga keputusan yang diambilnya tepat serta tak ada kesalahan," imbuhnya.

Baca juga: Rahasia Mengapa Tim Yamaha Bisa Full Podium di GP Andalusia

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, saat merayakan podium pertama pada seri MotoGP 2020 Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020) malam WIB.AFP/JAVIER SORIANO Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, saat merayakan podium pertama pada seri MotoGP 2020 Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020) malam WIB.

Di kesempatan terpisah, Michelin selaku pemasok ban tunggal MotoGP juga mengungkapkan bahwa penggunaan ban pada tunggangan Quartararo begitu tepat sehingga mampu mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.

Pada GP Andalusia 2020 lalu, Michelin ketahui mengirimkan surel kepada seluruh tim yang isinya merekomendasikan ban lunak (soft) untuk ban belakang.

Namun bedanya, kali ini Michelin menyarankan agar ban lunak itu digosok dengan material scrub sebelum digunakan selama tiga lap pada sesi warm-up atau pemanasan.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X