Honda Motocompo, Motor Mainan Imut yang Muat Masuk Mobil

Kompas.com - 30/07/2020, 15:41 WIB
Honda Motocompo Honda Motocompo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak motor hobi yang cukup diminati di Indonesia, salah satunya ialah Honda Motocompo. Skuter otomatik dengan dimensi kecil yang cukup unik karena dapat dilipat.

Selain tampilanya yang imut, asal muasal Motocompo juga menarik. Motor ini awalnya ialah motor gratisan sebagai bagian strategi marketing beli mobil dapat motor, jika membeli mobil Honda City.

Motocompo sendiri diproduksi Honda pada awal '80-an, tepatnya mulai November 1981 hingga 1983.

Honda Motocompo Honda Motocompo

Tujuan Honda membuat Motocompo ialah untuk menunjukkan bahwa City punya kabin yang besar, dan bahwa bagasi mobil dengan julukan Tall Boy itu juga muat mengangkut motor kecil.

Namun, seiring berjalannya waktu, akhirnya motor ini juga dijual sendiri alias ritel, tidak lagi menjadi bonus. Bahkan, keberadaannya sekarang sudah menjadi salah satu dari collector's item.

Honda Motocompo Honda Motocompo

Jika dilihat secara desain Motocompo sebetulnya sangat simpel. Bodinya cuma lurus mengotak dari depan sampai belakang. Ban depan belakang kecil, bagian jok dan setangnya tinggi dapat dilipat ke dalam bodi.

Motor yang memiliki ukuran mungil ini bobotnya hanya 42 kg. Mesin AB12E 2-tak berkapasitas 49 cc ini menghasilkan tenaga 2,5 tk pada putaran 5.000 rpm dan torsi 3,7 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Honda MotocompoWikipedia Honda Motocompo

Di Indonesia Motocompo merupakan salah satu motor yang banyak dicari. Dari berbagai forum dan pameran motor banyak yang menjajakan motor ini mencapai Rp 30 juta, bisa lebih tergantung kondisi.

Motocompo dijual tanpa dilengkapi surat-surat jalan. Sebab, kapasitas mesinnya terlalu kecil untuk syarat dan ketentuan yang berlaku di Indonesia, sehingga masuk dalam kategori mainan (toys).



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X