Rahasia Mengapa Tim Yamaha Bisa Full Podium di GP Andalusia

Kompas.com - 29/07/2020, 09:02 WIB
Fabio Quartararo Fabio Quartararo


JEREZ, KOMPAS.com - Kemenangan Yamaha meraih full podium di GP Andalusia, sedikit banyak ternyata hasil dari saran Michelin kepada semua tim MotoGP. Meski diketahui hanya Yamaha dan Suzuki yang melakukannya.

Sebelum balapan, Michelin mengirim email ke semua tim dan merekomendasikan untuk menggosok ban belakang terutama yang pakai kompon lunak saat sesi pemanasan hari minggu sebelum balapan.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Ini Fungsi Sarung Tangan Saat Naik Motor

Michelin akan membawa berbagai kompon ban yang telah disesuaikan dengan karakter Chang International CircuitFoto: Cycle News Michelin akan membawa berbagai kompon ban yang telah disesuaikan dengan karakter Chang International Circuit

Gagasannya ialah menggosok ban akan menghilangkan lapisan film di ban. Setelah dibiarkan dingin dan kemudian dimasukkan ke dalam selimut akan terjadi reaksi kimiawi pada karet ban.

Hal tersebut membuat ban jadi lebih tahan panas. tapi di saat lama karet lebih dingin 10 derajat celcius lebih dingin dari biasanya. Khasiatnya daya tahan karet lebih kuat dan tidak mudah habis.

Ban balap Michelin yang digunakan di MotoGPMotoGP Ban balap Michelin yang digunakan di MotoGP

Dengan suhu lintasan mencapai 60 derajat celcius, hal itu sedikit banyak terbukti saat Fabio Quartararo menang balapan dengan jarak cukup jauh. Apalagi posisi kedua dan ketiga diraih duet tim pabrikan Yamaha.

Baca juga: Saat Darurat, Pecahkan Kaca Samping Bus Jangan Kaca Depan

Juru bicara dari Michelin menjelaskan, pihaknya memang memberikan saran kepada tim untuk memanaskan ban dan mendinginkannya. Kemudian menutupinya dengan selimut saat pemanasan sebelum lomba.

"Dari waktu ke waktu kami membuat rekomendasi kepada tim yang kami yakini dapat membantu mereka, tetapi pilihan untuk mengikuti mereka selalu menjadi milik mereka," kata jubir Michelin mengutip Autosport, Selasa (28/7/2020).



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X