Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Disepelekan, Ini Fungsi Sarung Tangan Saat Naik Motor

Kompas.com - 28/07/2020, 18:31 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan sarung tangan ketika berkendara sepeda motor memiliki banyak manfaat. Pasalnya, perlengkapan tersebut merupakan salah satu atribut keselamatan selain helm.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani, mengatakan, sarung tangan tidak hanya berguna melindungi tangan pengguna dari sinar matahari, tapi dapat mencegah luka fatal pada jari-jari akibat gesekan atau benturan ketika mengalami kecelakaan.

"Oleh karenanya, penting untuk memperhatikan penggunaannya. Sarung tangan yang baik ialah yang dapat menutup jari tangan (full), bukan sarung tangan buntung atau setengah tertutup," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Lampu Indikator Suhu Radiator di Mobil Menyala, Ini Artinya

Ragam sarung tangan bermerek untuk sepeda motorAditya Maulana, KompasOtomotif Ragam sarung tangan bermerek untuk sepeda motor

"Hal ini dilakukan agar ketika terjadi kecelakaan, bagian tangan kita dapat terhindar dari cedera serius," lanjut Sani.

Kemudian, sarung tangan khusus motor juga bisa meningkatkan kenyamanan pengendara, grip di setang, sehingga berkendara semakin nyaman dan aman.

"Terutama bagi pengendara wanita, hindari memilih sarung tangan hanya karena menarik dipandang namun minim fungsi utama," ujarnya.

"Sarung tangan itu ibaratnya adalah kulit kedua si pengendara motor. Sehingga bila tidak pas seperti longgar atau licin (bukan kulit sintesis atau kain tebal tahan goresan) akan membuat gerakan menggenggam stang motor tidak maksimal," jelas Instruktur Rifat Drive Labs (RDL), Andry Berlianto di kesempatan berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com