Daftar Mobil yang Pernah Kena Recall di Indonesia

Kompas.com - 27/07/2020, 13:42 WIB
Deretan mobil Honda yang direcall akibat masalah pompa bensin di Malaysia Paultan.orgDeretan mobil Honda yang direcall akibat masalah pompa bensin di Malaysia

JAKARTA, KOMPAS.com - Penarikan kembali kendaraan dari peredaran lebih dikenal dengan istilah recall di dunia otomotif. Meski dikerjakan dengan mesin, kesalahan atau kegagalan dapat saja terjadi. Bahkan, pada produsen mobil sekalipun.

Tak sedikit produsen mobil yang pernah melakukan recall pada produknya. Pabrikan besar seperti Honda, Toyota, Mitsubishi, dan lainnya pernah melakukan recall kendaraan.

Baca juga: Catat, Ini Aturan Resmi Soal Recall Kendaraan di Indonesia

PT Honda Prospect Motor (HPM), Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda menghindari penggunaan kata recall. Honda menyebutnya dengan kampanye product update (PUD). Hal tersebut dilakukan terkait komponen master cylinder dan master power pada sistem pengereman kendaraan.

Recall Mitsubishi Triton Exceed produksi 2015 - 2016 Recall Mitsubishi Triton Exceed produksi 2015 - 2016

Ada lima model dengan jumlah total 463.891 unit di Indonesia yang teridentifikasi dalam program ini, yaitu Honda Mobilio tahun produksi 2014-2017, (2014–2017), Honda Jazz (2014–2017), Honda HR-V (2014–2017), Honda Brio (2014–2017) dan Honda BR-V (2015–2017).

Akhir Oktober 2019 lalu, Service & Parts Asst. General Manager PT HPM Denny MT mengimbau agar konsumen yang mobilnya teridentifikasi dan belum melakukan kegiatan pergantian untuk segera menghampiri diler terdekat.

"Kami sudah memberikan pemberitahuan langsung kepada para pemilik kendaraan yang terindentifikasi ke alamat atau nomor telepon terakhir yang terdaftar. Kami meminta, konsumen yang berkaitan segera membawa mobilnya ke bengkel resmi Honda untuk dilakukan pemeriksaan dan pergantian komponen," katanya.

Baca juga: Regulasi Soal Recall Kendaraan Sudah Diatur oleh Pemerintah

Recall yang dilakukan HPM diinformasikan akibat masalah fuel pump. Sementara itu, untuk model teridentifikasi dalam program ini mencapai 85.025 unit yang terdiri dari Honda Brio, Mobilio, Jazz, BR-V, HR-V, CR-V, City, Civic, dan Accord dengan tahun model antara 2017 hingga 2019.

Pada November 2019 lalu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan adanya penarikan untuk perbaikan alias recall, untuk unit Gran Max 1.5L 3SZ dan di Indonesia. Adapun masalah yang menimpa adalah terkait connecting rod atau setang seher.

Dikabarkan bila setang seher pada unit Luxio dan Gran Max lansiran Maret 2018 - April 2019, mengalami masalah yang membuat potensi mesin mobil mati saat dijalankan. Sementara untuk total unit yang terdampak recall tersebut sebanyak 36.915 unit.

Penggantian recall master rem Honda bisa dilakukan di posko mudik.FEBRI ARDANI/KOMPAS.com Penggantian recall master rem Honda bisa dilakukan di posko mudik.

PT Toyota Astra Motor (TAM) pernah melakukan recall pada Rush sebanyak 60.000 unit yang diproduksi antara akhir Desember 2017 hingga awal Februari 2019.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X