Marquez Terbukti Tak Sekuat Lorenzo, Ingat GP Assen 2013

Kompas.com - 26/07/2020, 07:35 WIB
Pebalap Yamaha asal Spanyol, Jorge Lorenzo, mengendarai motornya di lintasan Sirkuit Assen, pada balapan GP Belanda, Sabtu (29/6/2013). AP/VINCENT JANNINKPebalap Yamaha asal Spanyol, Jorge Lorenzo, mengendarai motornya di lintasan Sirkuit Assen, pada balapan GP Belanda, Sabtu (29/6/2013).

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez yang masih alami cedera nekat untuk mencoba kembali ke atas motor. Namun, pebalap Spanyol itu harus menerima kenyataan bahwa dirinya tidak sekuat yang dia bayangkan.

Marquez mengalami highside saat balapan di GP Spanyol. Dia cedera parah hingga lengan atasnya mengalami oatah tulang. Dia pun langsung diterbangkan ke Barcelona untuk menjalani operasi pada hari Selasa.

Baca juga: Marc Marquez Absen Balapan di MotoGP Andalusia, Fokus ke Brno

Juara dunia MotoGP 2019 ini memaksa untuk ikut balapan di GP Andalusia, beberapa hari setelah operasi. Namun, karena balapan digelar di sirkuit yang sama, tim sudah memiliki cukup data-data untuk motor.

Marc Marquez terjatuh saat balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).Dok. Twitter MotoGP Marc Marquez terjatuh saat balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).

Sehingga, Marquez tidak perlu mengikuti sesi di hari Jumat dan bisa mencoba mengendarai motornya pada hari Sabtu.

Marquez pun mengikuti sesi FP3 dan berada di posisi ke-19. Sedangkan pada FP4, dirinya naik ke posisi ke-16.

Saat mengikuti Q1, kakak kandung dari rekan setimnya, Alex Marquez, tidak mampu menyelesaikannya.

Baca juga: Pebalap Lain Jangan Bangga Menang Balapan Tanpa Ada Marquez

"Pada Q1, Marc merasa lebih buruk. Lebih baik untuk tidak mengambil resiko. Sudah cukup untuk datang ke sini dan mencobanya. Tapi, kami membuat keputusan yang tepat. Seorang juara tidak bisa berdiam di rumah jika menurutnya ada kesempatan," ujar Alberto Puig, Manajer Tim Repsol Honda, dalam unggahannya di media sosial, Sabtu (25/7/2020).

Banyak yang terkesima dengan apa yang dilakukan Marquez, kembali balapan setelah beberapa hari selesai operasi. Namun, sebenarnya masih kalah heroik dengan yang dilakukan Jorge Lorenzo saat balapan di GP Assen 2013.

Pebalap Spanyol, Jorge Lorenzo mengalami insiden, terlempar dari motornya saat menjalani sesi latihan bebas kedua GP Belanda di sirkuit Assen, Kamis (27/6/2013).motogp.com Pebalap Spanyol, Jorge Lorenzo mengalami insiden, terlempar dari motornya saat menjalani sesi latihan bebas kedua GP Belanda di sirkuit Assen, Kamis (27/6/2013).

Lorenzo menjalani balapan setelah dioperasi sehari sebelumnya. Tak hanya sanggup menyelesaikan balapan, Lorenzo bahkan finis di urutan kelima.

Sebelumnya, pebalap dengan nomor start 99 tersebut mengalami highside saat menjalani sesi FP2 hingga tulang selangkanya patah.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X