Pembangunan Pabrik Hyundai Ditargetkan Mulai Oktober 2020

Kompas.com - 25/07/2020, 17:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan pabrik kendaraan bermotor oleh Hyundai di kawasan Karawang, Jawa Barat, belum kunjung terealisasi sebagai dampak dari pandemi virus corona alias Covid-19.

Kendati demikian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa perusahaan mobil asal Korea Selatan itu bakal merealisasikan komitmennya dalam waktu dekat.

"Kami berharap, kalau bisa Oktober groundbreaking. Sekarang sedang dilakukan follow up," katanya, Jumat (24/7/2020).

Baca juga: Skenario Terbaik Bagi Industri Otomotif Usai Pandemi, Kata Toyota

Pabrik perakitan mobil Hyundai di Jeonju, Korea Selatan.YONHAP / AFP Pabrik perakitan mobil Hyundai di Jeonju, Korea Selatan.

Luhut menyatakan, kelanjutan dari proyek pembangunan pabrik bakal dibicarakan lebih lanjut pada pekan depan secara virtual. "Presiden Hyundai mau vidio call, mungkin minggu depan," kata dia.

Sebelumnya, Luhut mengatakan Hyundai akan melakukan peletakkan batu pertama untuk pembangunan pabriknya pada awal kuartal II/2020 atau April. Helatan tersebut akan disaksikan pula oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Masih on schedule, kita pantau tiap hari karena rencana kami April itu groundbreaking (pabrik mobil listrik) Hyundai di daerah Karawang," katanya dalam diskusi virtual beberapa waktu lalu.

Adapun pembangunan pabrik ini merupakan bagian dari realisasi investasi Hyundai senilai 1,55 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 21 triliun yang ditargetkan selesai pada 2030.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.