Momen Idul Adha, Lalu Lintas di Jateng Diprediksi Meningkat

Kompas.com - 23/07/2020, 12:42 WIB
Kepadatan lalu lintas jalan tol jelang libur Nataru 2019 Dok. Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) TbkKepadatan lalu lintas jalan tol jelang libur Nataru 2019
Penulis Ari Purnomo
|

SEMARANG, KOMPAS.com - Momen Idul Adha akan berlangsung bersamaan dengan Operasi Patuh 2020 yang digelar mulai hari ini hingga 5 Agustus 2020.

Adanya momen tersebut diprediksi akan terjadi peningkatan lalu lintas di sejumlah daerah, salah satunya di wilayah Jawa Tengah ( Jateng).

Selain melakukan razia kendaraan, personel Ditlantas Polda Jateng juga akan disiagakan di sejumlah titik guna melakukan pengawasan kendaraan yang melintas di wilayah Jateng.

Hal ini untuk mengantisipasi adanya kerumunan masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan Covid-19.

Baca juga: Operasi Patuh Candi di Jateng, Ini Jenis Pelanggaran yang Ditindak

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng Kombes Pol Arman Achdiat mengatakan, peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di wilayah Jateng diprediksi akan mengalami peningkatan saat Idul Adha.

Kaget Dikira Kena Tilang, Warga dan Pengendara Senang dapat Bantuan Masker Gratis dari PolisiKOMPAS.COM/JUNAEDI Kaget Dikira Kena Tilang, Warga dan Pengendara Senang dapat Bantuan Masker Gratis dari Polisi

Hal ini disebabkan karena momen tersebut banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkunjung ke rumah saudara atau pun berwisata.

“Prediksi peningkatan Lalin akan terjadi pada momen Idul Adha, jadi kami melakukan antisipasi apabila ada lonjakan jumlah kendaraan yang melintas di wilayah Jateng,” ujar Arman kepada Kompas.com, Rabu (22/7/2020).

Arman menambahkan, untuk pengawasan pihaknya akan menyiagakan personel di sejumlah titik baik di jalan tol maupun di jalan arteri.

Baca juga: Selama Operasi Patuh 2020, Pengendara Tanpa Masker Bakal Ditilang?

“Pada tanggal 31 Juli nanti akan dilakukan pengawasan dan pengendalian kendaraan, baik yang dari Jawa Barat maupun yang dari Jawa Timur. Apakah nanti akan terjadi kepadatan atau tidak, kami sudah siapkan personel,” tuturnya.

Seorang pengendara tidak menggunakan masker saat melintas di Terusan Jalan Jakarta, Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/07).RAISAN AL FARISI/ANTARA FOTO Seorang pengendara tidak menggunakan masker saat melintas di Terusan Jalan Jakarta, Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/07).

Dalam Operasi Patuh Candi ini, Arman mengatakan, tidak hanya akan menindak para pelanggar lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Tetapi juga memberikan imbauan kepada para pengendara yang tidak mengenakan masker selama berkendara.

Baca juga: Begini Cara Benar Memindahkan Persneling Mobil Transmisi Manual

Pasalnya, mengenakan masker selama beraktivitas di luar rumah menjadi salah satu protokol kesehatan Covid-19 yang harus dipatuhi oleh setiap masyarakat dalam Adaptasi Kebiasaan Baru ( AKB).

“Untuk penindakan pemberian tilang dilakukan kepada pelanggar yang berpotensi menyebabkan kecelakaan. Tapi untuk untuk tidak mengenakan masker hanya imbauan saja dan tidak ada penindakan tilang,” kata Arman.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X