Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fuel Pump Bermasalah, Honda Recall 85.000 Unit Mobil di Indonesia

Kompas.com - 15/07/2020, 14:33 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan program penarikan untuk perbaikan alias recall bagi beberapa modelnya yang dipasarkan di Indonesia.

Recall yang dilakukan HPM diinformasikan akibat masalah fuel pump. Sementara itu, untuk model teridentifikasi dalam program ini mencapai 85.025 unit yang terdiri dari Honda Brio, Mobilio, Jazz, BR-V, HR-V, CR-V, City, Civic, dan Accord dengan tahun model antara 2017 hingga 2019.

Program perbaikan komponen fuel pump ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya masalah mesin yang tidak dapat dinyalakan.

Bahkan, kondisi mesin berhenti beroperasi secara tiba-tiba saat mengemudi dikarenakan fuel pump tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Baca juga: Ajak Kei Car Daihatsu Jalan-jalan di Jakarta, Banyak yang Baper

Service & Parts Asst General Manager PT HPM Denny MT mengatakan, kampanye ini merupakan bagian dari upaya HPM untuk selalu memastikan kendaraan konsumen berada pada standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi, dan dilakukan tanpa memungut biaya apa pun.

Mengenal logo Honda RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mengenal logo Honda RS

"Mengingat pentingnya program ini, kami mengimbau dan mengingatkan kembali kepada konsumen yang kendaraannya teridentifikasi untuk segera membawa mobilnya ke bengkel resmi Honda untuk proses pemeriksaan dan penggantian komponen," ucap Denny dalam keterangan resminya, Rabu (15/7/2020).

Kampanye penggantian komponen fuel pump mulai dilakukan pada hari ini, Rabu (15/7/2020), secara bertahap di seluruh Indonesia. Honda telah mengirimkan surat pemberitahuan langsung kepada para pemilik kendaraan yang teridentifikasi.

Baca juga: Pindad Maung Pakai Mesin dan Sasis Hilux, Begini Respon Toyota

Selain itu, konsumen dapat melihat informasi mengenai kampanye ini dan kendaraan yang teridentifikasi di situs resmi Honda Indonesia. Apabila kendaraan konsumen telah berpindah tangan, konsumen dapat menghubungi Honda Customer Care pada hari kerja dari pukul 08.00 sampai 17.30 WIB.

Honda Brio RSKOMPAS.com/Gilang Honda Brio RS

Untuk proses penggantian komponen fuel pump, konsumen dapat langsung menghubungi bengkel resmi Honda terdekat atau membuat janji (booking) melalui aplikasi Honda e-Care yang dapat diunduh pada App Store atau Play Store.

Konsumen yang melakukan booking untuk penggantian fuel pump dengan menggunakan aplikasi Honda e-Care akan mendapatkan 1 liter oli atau 1 botol Engine Cleaner gratis selama periode bulan Juli–September 2020.

Demi kenyamanan konsumen, diler resmi Honda menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sesuai dengan prosedur atau panduan yang dikeluarkan pemerintah.

Baca juga: Pindad Siapkan Maung Versi Sipil, Ini Harganya

Protokol kesehatan itu mulai dari pemeriksaan kesehatan kepada setiap personel diler, penerapan physical distancing di bagian penerimaan dan ruang tunggu, serta proses sanitasi terhadap fasilitas diler dan kendaraan pelanggan.

Honda Civic Hatchback RSHPM Honda Civic Hatchback RS

Adapun untuk proses penggantian komponen tersebut diperkirakan memakan waktu 60–90 menit. Honda juga memberikan pilihan layanan pick up service sesuai dengan ketersediaan layanan di masing-masing diler resmi Honda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com