Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disuntik Mati di AS, Bagaimana Nasib Honda Jazz di Indonesia?

Kompas.com - 21/07/2020, 14:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren penjualan mobil di seluruh dunia sedang mengarah ke segmen SUV. Bahkan sejumlah pabrikan sampai harus menghentikan produksi model-model yang kurang diminati, dan mengalihkannya segmen yang lebih laris di pasar.

Menurut laporan Automotive News, salah satu pabrikan ialah Honda yang akan menyuntik mati Fit atau Jazz di Amerika Serikat, berikut juga Civic Coupe dan Accord bertransmisi manual.

Untuk diketahui, Honda mulai memasarkan Fit di pasar Amerika Serikat sejak 2006 silam. Namun sampai tahun 2020, belum ada tanda-tanda bahwa model ini bakal mendapatkan penyegaran.

Baca juga: Mengenal Ragam Pelat Nomor Kendaraan di Indonesia

Honda HR-VDOK. HONDA PROSPECT MOTOR Honda HR-V

Sebagai gantinya, Honda AS akan mengalihkan investasinya ke HR-V dan Civic Hatchback yang lebih diminati konsumen di kelas entry level.

Lantas bagaimana dengan nasib Jazz di Indonesia? Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, mengatakan bahwa Jazz masih akan tetap dijual.

Hanya saja untuk penyegaran yang akan dilakukan kepada Jazz, Billy mengatakan, pihaknya masih melakukan studi dan pengembangan produk yang cocok untuk pasar Indonesia.

Baca juga: Yamaha Masih Belum Tahu Penyebab Motor Rossi Mogok

All New Honda Jazz atau Fit punya 5 varianAzwar Ferdian/Kompas.com All New Honda Jazz atau Fit punya 5 varian

Seperti diketahui, seperti halnya pasar Amerika Serikat, Honda Indonesia telah memastikan tidak akan memasarkan Jazz generasi terbaru yang meluncur pada 2019.

“Untuk Honda Fit yang diluncurkan di Japan pada Tokyo Motor Show tahun lalu itu adalah untuk market Jepang,” ujar Billy, kepada Kompas.com (21/7/2020).

“Untuk di sini, kami sedang mempelajari apakah dengan desain tersebut cocok untuk market di Indonesia atau tidak. Yang pasti DNA sporty untuk segmen Hatchback ini akan kami pertahankan terus,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com