Daftar Harga Sewa Mobil Toyota, Lebih Murahkah Dibanding Kredit Baru?

Kompas.com - 12/07/2020, 14:42 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memenuhi adanya tren memakai mobil baru namun tak ingin membeli, PT Toyota Astra Finance (TAF) meluncurkan program berlangganan melalui Kinto One. Bahkan cara ini diklaim memiliki banyak keuntungan dibandingkan membeli mobil baru.

Presiden Direktur TAF Agus Prayitno menggatakan, berdasarkan hasil survei internal yang dilakukan melalui perbandingan Toyota Kijang Innova V Diesel, berlangganan mobil jauh lebih murah dibandingkan membeli mobil.

Menurut Agus, dengan skema down payment (DP) 0 persen, beserta cicilan, dalam waktu tiga tahun total untuk Innova sekitar Rp 600 jutaan.

Sementara bila menggunakan kredit biasa atau melalui DP 20 persen, total bayarnya dalam kurun waktu yang sama sekitar Rp 598 juta sebelum dijual.

Baca juga: Sewa Mobil Toyota Bisa Pesan Nomor Ganjil Genap

"Bila berlangganan melalui Kinto One, biaya yang dikeluarkan oleh konsumen selama waktu yang sama, hanya sekitar Rp 338 juta. Kalau di Kinto One, konsumen tidak ada perlu ada DP, pajak dan surat-surat tidak perlu diurus, asuransi, dan perawatan bengkel juga sudah ditanggung, tinggal pakai saja," ujar Agus dalam diskusi virtual beberapa hari lalu.

Sejumlah sales promotion girl (spg) berpose di samping salah satu mobil dari Toyota saat pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exebition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2019). GIIAS 2019 yang akan berlangsung 18 - 28 juli 2019  diikuti 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan komersil dan koroseri dan 12 merek sepeda motor.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Sejumlah sales promotion girl (spg) berpose di samping salah satu mobil dari Toyota saat pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exebition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2019). GIIAS 2019 yang akan berlangsung 18 - 28 juli 2019 diikuti 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan komersil dan koroseri dan 12 merek sepeda motor.

Terkait perbedaanya mengenai mobil yang berlangganan tidak bisa dijual sementara yang dibeli konsumen bisa dijual, Agus meegaskan memang sasaran target konsumen Kinto tidak ke arah sana. Melainkan lebih ke orang yang memiliki kebiasaan ganti mobil selama tiga tahun tanpa mau ribet.

Dalam arti, konsumen yang setelah tiga tahun menggunakan mobil saat akan mencari mobil baru tak perlu repot menjual mobil lawasnya, dengan Kinto tinggal dikembalikan lalu tukar dengan unit baru yang sesuai selera.

Namun demikian, pola atau program seperti ini diakui Agus memang masih awan di Indonesia, karena itu perlu penetrasi dan sosialisasi yang lebih ke pada konsumen terhadap layanan Kinto One.

Baca juga: Pakai Mobil Toyota Tanpa Harus Beli, Bisa?

"Dalam setahun ini kami akan fokus ke sosialisasi, memang tidak mudah karena target kami ke konsumen yang memiliki kebiasaan gonta ganti mobil dalam tiga tahun. Apalagi mindset masyarakat saat ini masih membeli bukan berlangganan," ucap Agus.

Kinto One Foto: Istimewa Kinto One

Saat disinggung apakah nantinya setelah berlangganan selama tiga tahun, konsumen tetap bisa membeli mobilnya. Agus mengatakan hal tersebut bisa saja dilakukan namun tentunya ada hitungannya lagi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.