Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Mana Suzuki GSX S150, Yamaha Vixion R, atau Honda CB150R?

Kompas.com - 10/07/2020, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar sepeda motor nasional saat ini didominasi oleh model skuter matik alias skutik. Meski semakin minim, pecinta motor sport naked masih tersisa di kalangan konsumen.

Bagi yang ingin meminang motor laki julukan motor sport kelas entry level, tersedia beberapa pilihan di pasar saat ini. Diantaranya yang bertarung dikelas naked sport 150cc adalah Suzuki GSX-S15, Yamaha Vixion R, dan Honda CB150R.

Meski ketiganya berada di segmen yang sama yakni sport naked, ternyata ada perbedaan baik dari segi spesifikasi maupun perfoma. Kira-kira mana pilihan yang paling sesuai dengan harga yang ditawarkan?

Baca juga: Apa Kabar Mobil Baru Honda di Indonesia?

Honda CB150R StreetfireKOMPAS.com / Aditya Maulana Honda CB150R Streetfire

Perfoma

Suzuki GSX S150 dibekali dengan mesin satu silinder 147cc DOHC empat katup. Motor ini mampu memuntahkan daya hingga 18,9 tk pada 10.500 rpm dan torsi maksimum 14 Nm pada 9.000 rpm.

Kemudian Yamaha Vixion R mengadopsi mesin berkapasitas 155cc SOHC VVA dengan tenaga 19 Hp pada 10.000 rpm serta torsi puncak 14,7 Nm pada 8.500 rpm.

Sedangkan untuk Honda CB150R mengusung mesin 1 silinder 149,16cc DOHC 4 dengan jantung pacu bertenaga 16,6 Hp dan torsi 13,8 Nm disokong dengan sistem suplai bahan bakar PGM-FI.

Pada sektor kaki-kaki, ketiganya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Bagian depan Suzuki GSX S150, Yamaha Vixion, dan CB150R sama-sama dibekali suspensi teleskopik dan monoshock di belakang.

Namun ban depan Suzuki GSX S150 dan Yamaha Vixion sedikit lebih kecil yaitu hanya 90/80-17 dibandingkan dengan Honda CB150R yang memiliki ukuran 100/80-17.

Yamaha VIXION dengan warna stripping barudok.Yamaha Yamaha VIXION dengan warna stripping baru

Desain

Bagi Anda yang lebih menyukai tampilan sporty, GSX S150 memiliki desain yang lebih gahar dengan jok pengendara dan penumpang yang terpisah. Selain itu motor naked ini juga dilengkapi dengan lampu batok yang senyap serta fairing yang lebih agresif.

Kemudian untuk Yamaha Vixion R memiliki desain yang lebih konvensional, serta lebih aman dan nyaman jika digunakan untuk motor sehari-hari.

Jika dilihat secara kasat mata, desain motor CB150 memang tidak jauh berbeda dengan Vixion yaitu konvensional, namun Honda CB150R memiliki bobot lebih berat dan lebih bongsor dibanding keduanya. Meski begitu, motor ini tetap bisa bergerak lebih dinamis di kondisi padat.

Baca juga: Yamaha Niken dan Tenere 700 Jadi Motor Perang di PUBG Mobile

Fitur

Berbicara fitur, ketiganya nampak berimbang, sama-sama dibekali instrumen panel digital dan headlamp-taillamp LED.

Namun, lampu sein Honda CB150R juga sudah LED, sementara Yamaha Vixion masih bohlam tetapi sudah memiliki lampu hazard.

Ada nilai plus juga untuk GSX S150, varian tertingginya sudah dibekali dengan teknologi keyless, mengingat fitur ini belum disematkan pada dua rivalnya. Jadi, hanya dengan menggunakan remot, sudah bisa menghidupkan teknologi answer back system. 

Harga

Dari segi harga, Suzuki GSX S150 dibanderol mulai Rp 27.4 juta sampai Rp 27.9 juta OTR Jakarta, kemudian untuk Yamaha Vixion R lebih mahal yaitu Rp 31,6 juta OTR Jakarta. Sedangkan untuk Honda CB150R standar diual dengan harga Rp 26,75 juta, dan untuk varian tertingginya di banderol dengan harga Rp 27,85 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com