Spion Retractable Tak Boleh Ditekuk Manual, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 10/07/2020, 06:42 WIB
Kamera pada spion samping Honda Accord 2019 HPMKamera pada spion samping Honda Accord 2019
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecanggihan teknologi otomotif khususnya kendaraan roda empat, tidak hanya dikembangkan pada bagian mesinnya dan tampilannya saja.

Tetapi, pada bagian lain seperti kaca spion juga tidak luput dari pengembangan menggunakan komputerisasi atau yang dikenal dengan retractable.

Teknologi untuk mengatur kaca spion secara otomatis tersebut sudah disematkan pada mobil-mobil keluaran terbaru.

Sehingga, untuk mengatur sudut pandang spion mobil pengemudi cukup menyentuh tombol pengatur saja dan tidak perlu mengaturnya secara manual

Baca juga: Tips Jika Ingin Beli Mobil Bekas di Balai Lelang

Termasuk juga saat menutup atau membuka kaca spion saat mobil tengah diparkir. Tetapi, benarkan spion retractable tidak boleh ditekuk secara manual karena bisa merusak komponennya?

Posisi kaca spion yang ideal agar bisa berfungsi dengan baik.www.inovasee.com Posisi kaca spion yang ideal agar bisa berfungsi dengan baik.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi mengatakan, spion retractable sudah menggunakan pengaturan secara otomatis melalui tombol yang ada.

Sehingga, saat akan menutup atau membukanya sebaiknya pengemudi melakukannya menggunakan tombol dan tidak diatur secara manual.

Spion sekarang ada yang punya pengaman dan tidak, kalau yang tidak saat terkena benturan gir mekanismenya bisa patah. Sedangkan yang ada pengamannya bisa menekuk saat terkena benturan,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Harga Mobil Bekas Taksi, Limo Mulai Rp 60 Jutaan

Meski begitu, Didi menyarankan, jika spion retractable sebaiknya ditutup menggunakan tombol.

Jangan terbiasa menutupnya secara manual, karena bisa saja terjadi kerusakan sehingga harus dilakukan perbaikan atau penggantian komponennya.

Kaca spion mobil berjamurSetyo Adi/Otomania Kaca spion mobil berjamur

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X