Lebih Baik Mana, Beli Helm Premium Replika atau Helm Lokal?

Kompas.com - 09/07/2020, 19:01 WIB
Salah satu pilihan helm Arai untuk wanita Kompas.com/ Aprida Mega NandaSalah satu pilihan helm Arai untuk wanita

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm tiruan alias replika saat ini sudah banyak bermunculan. Tidak tanggung-tanggung, merek helm ternama seeperti Arai atau Shoei tidak luput dijiplak.

Meski helm asal Jepang tersebut dibuat dengan cukup rumit dan memiliki fitur serta teknologi yang tidak murah, tidak membuat tangan-tangan jahil kesulitan untuk menirunya.

Pemilik toko helm premium RC Motogarage, Reyner Alexander, mengatakan, saat ini tidak sedikit helm palsu yang dijual dengan harga miring di toko online.

Biasanya terdapat keterangan “clone” alias kloning pada deskripsi produk yang menandakan bahwa helm tersebut bukan orisinal.

Baca juga: Apa Kabar Mobil Baru Honda di Indonesia?

“Contoh Shoei X14 black matte yang ditiru oleh sebuat merk dengan perbandingan 1:1 persis dengan aslinya. Meski secara kasat mata terlihat serupa dengan yang asli, tetapi helm tersebut tidak memiliki sertifikasi helm seperti DOT, SNI, ECE, SNELL, dll,” ujar Reyner saat dihubungi Kompas.com, Kamis (9/7/2020).

Helm TSR replika Arai Ram 4 Helm TSR replika Arai Ram 4

Reyner menambahkan, saat ini helm tiruan sudah di jual dengan harga yang cukup mahal. Mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 jutaan.

Baca juga: Harga Mobil Bekas Taksi, Limo Mulai Rp 60 Jutaan

“Dengan budget Rp 1 juta, lebih baik memilih helm lokal, kualitas yang didapatkan sudah bagus dan bersertifikasi. Dari pada memaksakan membeli helm premium replika yang sama sekali tidak ada safety nya, karena safety bukan sesuatu yang bisa dinegosiasi,” kata Reyner.

Menurut Reyner helm lokal saat ini juga sudah memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dengan helm premium.

“Seperti contoh KYT TT course yang range harganya sekitar Rp 800.000 sampai Rp 1 jutaan, kualitasnya sudah oke punya. Sudah menggunakan bahan thermoplastic, namun bukan yang buat balap,” ucapnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X