Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/07/2020, 18:31 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik mobil sedikit banyak mesti tahu masalah pada kendaraannya. Jika saat distarter sulit hidup, kenali masalahnya apakah karena gangguan pengapian atau karena aki soak.

Samsudin, Aftersales Support Astra Peugeot, mengatakan, kalau gejalanya lantaran aki soak sebaiknya jangan memaksa menghidupkan mesin, karena justru bisa menimbulkan masalah pada sektor kelistrikan.

Baca juga: Adaptasi Normal Baru, Peugeot Maksimalkan Layanan Home Service

"Jika aki yang bermasalah, sebaiknya jangan lakukan cranking mesin atau starter lebih dari tiga kali. Hal itu akan menimbulkan masalah pada sistem elektronik kendaraan," katanya lewat keterangan resmi, Kamis (9/7/2020).

Aki Peugeot Foto: Istimewa Aki Peugeot

Risiko terparah kata Samsudin, jika dipaksakan maka bisa mempengaruhi program pada ECU dan Built-in System Interface (BSI) atau kontrol elektronik di mana sistem kendaraan bakal alami locked.

Baca juga: Suku Cadang Peugeot Diskon Sampai 97 Persen

Samsudin mengatakan, khusus untuk Peugeot, baterai yang biasa dipakai ada tiga jenis tergantung model dan tahun, rinciannya yakni tipe L1 390 Ampere, tipe L2 480 Ampere dan tipe L3 720 Ampere.

Mekanisme kerjanya L2 yakni 42 ampere/jam, L2 yakni 60 Ampere/jam, dan L3 yakni 70 Ampere/jam. Tapi secara umum baterai yang digunakan adalah type L2 karena sudah mampu mengakomodasi kebutuhan.

"Kebutuhan standar kelistrikan transporter ini sudah dikalkulasi oleh Peugeot. Di luar itu jika penambahan daya dalam kendaraan kerap membuat pasokan listrik ekstra (bikin ceat tekor)," kata Samsudin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com