Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/07/2020, 16:32 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bekas (mobkas) yang dijual di pasaran tidak selalu dari pemakai pribadi atau perorangan.

Ada juga mobil seken yang bekas digunakan sebagai transportasi umum seperti taksi. Tentunya, mobil yang dijual tersebut tidak serta merta dengan kondisi apa adanya seperti saat digunakan sebagai transportasi umum.

Tetapi, barang yang akan dijual sudah melalui berbagai proses atau tahapan hingga kondisinya menjadi lebih bagus kembali.

Meski sudah dilakukan berbagai restorasi, harga yang ditawarkan untuk mobil bekas taksi juga terbilang sesuai dengan pasaran, yakni mulai dari Rp 60 jutaan.

Baca juga: Harga Jual Yamaha F1ZR Tembus Puluhan Juta Rupiah

GM Used Car BBG Blue Bird Group Asri Winarni mengatakan, keberadaan mobil eks taksi bisa menjadi alternatif bagi calon pembeli yang menginginkan kendaraan roda empat dengan harga yang ramah di kantong.

Toyota Limo bekas Taksi yang dijual di pool Bluebird Mampang, Jakarta SelatanStanly-Kompas.com Toyota Limo bekas Taksi yang dijual di pool Bluebird Mampang, Jakarta Selatan

Asri menambahkan, sebenarnya untuk mobil eks taksi Blue Bird ada beberapa model yang bisa jadi pilihan.

Tetapi, dengan dana yang berkisar Rp 60 jutaan ada dua model yang bisa dipilih oleh pembeli, yaitu Toyota Limo dan Nissan Almera.

“Perbedaan mobil Blue Bird dengan mobil lain yakni pada perawatannya. Standar perawatan di diler dimulai dari Km 10.000, di kami dimulai dari Km 7.500, sehingga kondisinya lebih terawat,” ujar Asri, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Harga Suzuki Satria Hiu Bekas Tembus Puluhan Juta Rupiah

Bagi calon konsumen yang ingin membeli mobil eks taksi ini hal yang perlu diperhatikan adalah adanya perbedaan dengan mobil reguler yang dijual di pasaran.

“Mobil eks taksi memiliki perbedaan dengan mobil reguler yang dijual ke konsumen biasa. Salah satunya terlihat dari kelengkapan fitur di dalam kabin maupun di eksteriornya,” katanya.

Ilustrasi Nissan Almera eks taksi Blue Birdxsbluebird.com Ilustrasi Nissan Almera eks taksi Blue Bird

Asri melanjutkan, pelek, warna cat, warna kabin, audio, bahan pelapis jok. Namun perbedaan mobil eks taksi paling mencolok adalah odometer mobil yang sudah menempuh ratusan ribu kilometer lantaran sering dipakai.

“Menurut saya ini solusi mengambil mobil dengan harga yang tidak terlalu mahal, tapi kesehatannya terjamin,” ucap Asri.

Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih mengatakan, saat membeli bekas jarak tempuh yang ada pada odometer tidak menjadi persoalan.

Baca juga: Harga Kawasaki Ninja 2 Tak Bekas Bisa Tembus Rp 35 Juta

Menurutnya, yang terpenting adalah perawatan yang dilakukan terhadap mobil tersebut. Meskipun kendaraan sudah menempuh jarak hingga ratusan kilometer tetapi perawatan yang dilakukan sangat baik, tentunya kondisi mobil juga akan terjaga.

“Kalau menurut saya jarak tempuh tidak masalah, asalkan perawatannya terjaga dan baik kondisi mobilnya juga akan bagus,” katanya.

Daftar harga mobil eks taksi Bluebird

Nissan Almera
Tahun 2013 Rp 60 jutaan
Tahun 2014 Rp 65 juta

Toyota Limo
Tahun 2011 Rp 65 jutaan
Tahun 2012 Rp 70 juta
Tahun 2013 Rp 75 jutaan

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com