Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2020, 18:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya menekan penyebaran virus corona alias Covid-19 pada masa adaptasi kenormalan baru, masyarakat diimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan khususnya ketika hendak bertransportasi.

Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengatakan, setidaknya ada tujuh langkah yang patut diperhatikan supaya kegiatan di luar rumah tetap aman dan nyaman.

"Pertama, pastikan diri dalam kondisi yang sehat. Jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, atau nyeri tenggorokan bahkan sesak napas, tetaplah di rumah," katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (4/7/2020).

Baca juga: Ini Aturan Naik Bus Tingkat Werkudara di Solo Selama Pandemi

 

Penerapan protokol kesehatan dan pembatasan fisik di transportasi umumDok. Kemenparekraf Penerapan protokol kesehatan dan pembatasan fisik di transportasi umum

Kedua, penumpang transportasi umum disarankan menggunakan kendaraan umum yang berpenumpang tebatas. Jangan memaksakan diri untuk berdesak-desakkan seperti sebelum adanya pandemi.

Ketiga, masyarakat wajib menggunakan masker saat melakukan perjalanan dan selama berada di moda transportasi.

“Keempat, menjaga kebersihan tangan dengan sering cuci tangan atau minimal menggunakan hand sanitizer,” lanjutnya.

Langkah kelima, calon penumpang menghindari untuk menyentuh area wajah, seperti mata hidung dan mulut, terutama kalau tangan kotor. "Tak lupa juga untuk perhatikan jarak aman minimal satu meter dengan orang lain," ujar Reisa.

Baca juga: Kini Tes Covid-19 untuk Dapat SIKM Lebih Simpel

MRT Singapura di jalur ungu atau Utara-Selatan di Stasiun Clarke Quay terlihat kembali ramai dipenuhi penumpang, Jumat siang (19/06/2020). Hari Jumat ini adalah hari pertama Fase 2 Singapura menuju new normal hidup berdampingan dengan virus Covid-19. Fase 2 menandai pulihnya roda perekonomian dan kehidupan sehari-hari di Singapura.KOMPAS.com/ ERICSSEN MRT Singapura di jalur ungu atau Utara-Selatan di Stasiun Clarke Quay terlihat kembali ramai dipenuhi penumpang, Jumat siang (19/06/2020). Hari Jumat ini adalah hari pertama Fase 2 Singapura menuju new normal hidup berdampingan dengan virus Covid-19. Fase 2 menandai pulihnya roda perekonomian dan kehidupan sehari-hari di Singapura.

“Ketujuh, jika kondisi kendaraan umum padat, penerapan jaga jarak sulit diterapkan, penggunaan pelindung wajah atau face shield bersama masker sangat direkomendasikan sebagai perlindungan tambahan," jelasnya lagi.

Berdasarkan survei sosial demografi dampak Covid-19, Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan, sebanyak 82,5 persen responden memilih opsi selain transportasi umum ketika berpergian di tengah pandemi.

Sementara, sisanya masih aktif menggunakan transportasi umum.

“Namun, dari survei yang sama, baru sebanyak 38,11 persen yang telah menjaga jarak atau social distancing setidaknya satu meter dari orang lain. Bahkan, sebagian masih mengaku tidak melakukan jaga jarak fisik. Inilah yang harus kita semua perbaiki,” tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com