Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Langkah Aman Bertransportasi di Masa New Normal

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya menekan penyebaran virus corona alias Covid-19 pada masa adaptasi kenormalan baru, masyarakat diimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan khususnya ketika hendak bertransportasi.

Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengatakan, setidaknya ada tujuh langkah yang patut diperhatikan supaya kegiatan di luar rumah tetap aman dan nyaman.

"Pertama, pastikan diri dalam kondisi yang sehat. Jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, atau nyeri tenggorokan bahkan sesak napas, tetaplah di rumah," katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (4/7/2020).

Kedua, penumpang transportasi umum disarankan menggunakan kendaraan umum yang berpenumpang tebatas. Jangan memaksakan diri untuk berdesak-desakkan seperti sebelum adanya pandemi.

Ketiga, masyarakat wajib menggunakan masker saat melakukan perjalanan dan selama berada di moda transportasi.

“Keempat, menjaga kebersihan tangan dengan sering cuci tangan atau minimal menggunakan hand sanitizer,” lanjutnya.

Langkah kelima, calon penumpang menghindari untuk menyentuh area wajah, seperti mata hidung dan mulut, terutama kalau tangan kotor. "Tak lupa juga untuk perhatikan jarak aman minimal satu meter dengan orang lain," ujar Reisa.

“Ketujuh, jika kondisi kendaraan umum padat, penerapan jaga jarak sulit diterapkan, penggunaan pelindung wajah atau face shield bersama masker sangat direkomendasikan sebagai perlindungan tambahan," jelasnya lagi.

Berdasarkan survei sosial demografi dampak Covid-19, Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan, sebanyak 82,5 persen responden memilih opsi selain transportasi umum ketika berpergian di tengah pandemi.

Sementara, sisanya masih aktif menggunakan transportasi umum.

“Namun, dari survei yang sama, baru sebanyak 38,11 persen yang telah menjaga jarak atau social distancing setidaknya satu meter dari orang lain. Bahkan, sebagian masih mengaku tidak melakukan jaga jarak fisik. Inilah yang harus kita semua perbaiki,” tegasnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/05/182200415/7-langkah-aman-bertransportasi-di-masa-new-normal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke