Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2020, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vespa merupakan skuter ikonis dari merek Italia yang selalu mendapat perhatian khusus dari para konsumen otomotif, baik model yang klasik ataupun yang modern.

Meski perawatan skuter ini terbilang relatif cukup sulit dan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan sepeda motor merek Jepang, tidak menjadikan motor Vespa sepi peminat.

Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah sering tiba-tiba mogok di jalan, namun hal itu sebenarnya tidak akan terjadi jika pemilik kendaraan melakukan perawatan dengan benar dan tepat.

Owner sekaligus kepala bengkel OS Vintage Autoservice, Yudha Ariftian, mengatakan, hal yang paling utama dalam merawat motor Vespa adalah servis harus dilakukan secara rutin dan tepat.

Baca juga: Ada Beberapa Jenis Klakson, Tiap Kendaraan Beda Jenisnya

“Banyak pengguna yang ngeluh kalau Vespa itu sering rewel dan jajannya banyak. Padahal, itu karena mereka belum paham bagaimana cara merawat Vespanya dengan benar,” ujar Yudha kepada Kompas.com.

Deretan sepeda motor Vespa di diler baru mereka dasrah KompasOtomotif-Donny Apriliananda Deretan sepeda motor Vespa di diler baru mereka dasrah

Tidak hanya itu, pemilihan oli juga paling berpengaruh dalam perawatan Vespa. Sebab, oli Vespa berbeda dengan oli skutik atau motor biasa.

“Vespa itu berbeda dengan motor Jepang, kalau mau servis dan ganti oli usahakan di bengkel yang memang khusus Vespa bukan bengkel motor Jepang,” kata Yudha.

Baca juga: Bengkel Suzuki Sepi, Perbaikan Teknis dan Analisis Masalah Makin Cepat

Menurut Yudha, rata-rata bengkel jepang tidak menyediakan oli yang sesuai dengan Sociaty of Automotive Engineers (SAE) Vespa.

“Khusus untuk Vespa modern ada dua jenis kekentalan oli mesin yang direkomendasikan dan bisa digunakan, yaitu SAE 5W-40 dan SAE 10W-40,” ucapnya.

Yudha menambahkan, pemilik kendaraan perlu memperhatikan juga saat melakukan penggantian pelumas Vespa tidak boleh telat atau sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

“Jika ingin perawatan yang tepat dan Vespa terus bekerja secara optimal sebaiknya langsung dibawa ke bengkel khusus Vespa yang benar-benar menyediakan part khusus, sehingga tidak akan ada kesalahan yang bisa menimbulkan kerusakan pada mesin,” tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com