Mengapa Motor Vespa Anda Sering Minta Jajan?

Kompas.com - 03/07/2020, 10:02 WIB
Media tes ride Vespa GTS Super 150 TONY /PIMedia tes ride Vespa GTS Super 150

JAKARTA, KOMPAS.com - Vespa merupakan skuter ikonis dari merek Italia yang selalu mendapat perhatian khusus dari para konsumen otomotif, baik model yang klasik ataupun yang modern.

Meski perawatan skuter ini terbilang relatif cukup sulit dan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan sepeda motor merek Jepang, tidak menjadikan motor Vespa sepi peminat.

Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah sering tiba-tiba mogok di jalan, namun hal itu sebenarnya tidak akan terjadi jika pemilik kendaraan melakukan perawatan dengan benar dan tepat.

Owner sekaligus kepala bengkel OS Vintage Autoservice, Yudha Ariftian, mengatakan, hal yang paling utama dalam merawat motor Vespa adalah servis harus dilakukan secara rutin dan tepat.

Baca juga: Ada Beberapa Jenis Klakson, Tiap Kendaraan Beda Jenisnya

“Banyak pengguna yang ngeluh kalau Vespa itu sering rewel dan jajannya banyak. Padahal, itu karena mereka belum paham bagaimana cara merawat Vespanya dengan benar,” ujar Yudha kepada Kompas.com.

Deretan sepeda motor Vespa di diler baru mereka dasrah KompasOtomotif-Donny Apriliananda Deretan sepeda motor Vespa di diler baru mereka dasrah

Tidak hanya itu, pemilihan oli juga paling berpengaruh dalam perawatan Vespa. Sebab, oli Vespa berbeda dengan oli skutik atau motor biasa.

“Vespa itu berbeda dengan motor Jepang, kalau mau servis dan ganti oli usahakan di bengkel yang memang khusus Vespa bukan bengkel motor Jepang,” kata Yudha.

Baca juga: Bengkel Suzuki Sepi, Perbaikan Teknis dan Analisis Masalah Makin Cepat

Menurut Yudha, rata-rata bengkel jepang tidak menyediakan oli yang sesuai dengan Sociaty of Automotive Engineers (SAE) Vespa.

“Khusus untuk Vespa modern ada dua jenis kekentalan oli mesin yang direkomendasikan dan bisa digunakan, yaitu SAE 5W-40 dan SAE 10W-40,” ucapnya.

Yudha menambahkan, pemilik kendaraan perlu memperhatikan juga saat melakukan penggantian pelumas Vespa tidak boleh telat atau sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

“Jika ingin perawatan yang tepat dan Vespa terus bekerja secara optimal sebaiknya langsung dibawa ke bengkel khusus Vespa yang benar-benar menyediakan part khusus, sehingga tidak akan ada kesalahan yang bisa menimbulkan kerusakan pada mesin,” tegasnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X