Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Beberapa Jenis Klakson, Tiap Kendaraan Beda Jenisnya

Kompas.com - 02/07/2020, 19:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Klakson merupakan salah satu komponen yang cukup penting pada kendaraan, sebab memiliki fungsi sebagai alat untuk saling ‘berkomunikasi’ dengan pengguna jalan lainnya.

Jika diperhatikan lebih seksama, jenis dan suara klakson di tiap kendaraan biasanya berbeda-beda.

Dealer Technical Support Dept. Head PT.TAM, Didi Ahadi, mengatakan, bunyi klakson pada kendaraan biasanya disesuaikan dengan jenis dan ukuran kendaraannya.

Baca juga: PSBB Diperpanjang, Ganjil-Genap Belum Berlaku Kembali

“Biasanya untuk truk, bus, dan kendaraan besar lainnya menggunakan klakson yang berbeda dengan mobil pribadi. Hal ini bertujuan sebagai identitas kendaraan itu sendiri,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/7/2020).

Trukotosia.com Truk

Berdasarkan sumber bunyi, klakson bisa dibedakan menjadi dua, yaitu Electric Horn dan Air Horn.

Electric Horn ini yang sering digunakan oleh mobil pribadi, sedangkan untuk Air Horn biasanya digunakan oleh kendaraan-kendaraan besar seperti truk dan bus.

“Berdasarkan tipe dan spesifikasi, klakson juga dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu Disc Horn, Fanfare alias klakson keong dan Nautilus atau klakson udara,” kata Didi.

Baca juga: Monkey Z125 Tracker, Simpel Tapi Kena

Disc horn atau klakson piringan menghasilkan bunyi dengan memanfaatkan resonasnsi plat atau piringan. Tipe klakson ini yang paling sering digunakan untuk kendaraan pribadi.

“Kemudian untuk klakson keong yang memiliki bunyi seperti terompet ini sering digunakan untuk tipe-tipe mobil premium atau kendaraan Eropa,” kata Didi.

Sedangkan untuk klakson udara atau klakson angin, lebih diperuntukkan untuk kendaraan besar seperti truk.

“Sebab, klakson ini menghasilkan suara yang lantang karena memiliki tabung angin, dan tidak memakan arus listrik yang besar,” ucap Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com