Pendaftaran SIM Gratis Ditutup, di Jakarta Hanya 125 Pemohon

Kompas.com - 01/07/2020, 07:12 WIB
Layanan perpanjangan SIM A dan C di IMOS 2018 Layanan perpanjangan SIM A dan C di IMOS 2018
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut HUT Bhayangkara ke-74, Polda Metro Jaya menggelar program khusus perpanjangan serta pembuatan Surat Izin Mengemudi ( SIM) secara cuma-cuma bagi pemohon yang lahir pada 1 Juli.

Namun, demikian tidak semua masyarakat bisa mendapatkannya. Hal ini lantaran adanya penerapan kuota yang hanya dibatasi sebanyak 300 pemohon saja, serta pendaftarannya pun juga sudah dilakukan dari lima hari yang lalu.

"Betul jadi mulai besok berjalan, untuk di daerah datanya kami kurang mengerti tapi untuk di Jakarta memang ada pembatasan dan sudah ditutup per hari ini," ujar Kasi SIM Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin Hanggara, kepada Kompas.com, Selasa (30/6/2020).

Baca juga: Bukan Mitos, Oli Mesin Berdampak pada Konsumsi BBM

"Total selama pendaftaran itu hanya 125 pemohon yang mendaftar dari jumlah yang telah ditentukan. Jumlah itu terdiri dari yang bikin baru serta perpanjanga, meski kuotanya masih ada, tapi sudah kami tutup pendaftarannya sesuai jadwal yang berlaku," kata dia.

Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran. Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran.

Menurut Hedwin, layanan ini memang menjadi program dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-74 sekaligus menjadi salah satu bentuk apresiasi bagi masyarakat. Dalam prosesnya, SIM khusus ini merupakan kerja sama antara Polda Metro Jaya dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Pemohon yang sudah terdaftar, tidak akan dibebani biaya apapun. Namun demikian, tetap ada syarat-syarat yang harus dipenuhi bagi masyarakat yang lahir 1 Juli dan mengikuti program SIM khusus tersebut.

Baca juga: Salah Kaprah Soal Interval Pergantian Oli Mesin Kendaraan

Syaratnya antara lain ;

1. E-KTP asli dan fotokopi

2. Lulus tes kesehatan

3. Lulus ujian teori dan praktik untuk pemohon SIM Baru

4. SIM asli untuk pemohon yang melakukan proses perpanjangan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

LAHIR TANGGAL 1 JULI DAPAT KERINGANAN PERPANJANGAN & PEMBUATAN SIM A DAN C WILAYAH POLDA METRO JAYA . Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-74, Ditlantas Polda Metro Jaya bekerja sama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk. menyelenggarakan: - Khusus Yang Lahir Tanggal 1 Juli pelayanan perpanjangan dan pembuatan SIM baru khusus SIM A & C pembayaran PNBP didukung oleh Bank BRI Pendaftaran mulai tanggal 25 s.d 30 Juni 2020 Jumlah kuota: - Baru: 200 SIM - Perpanjangan: 300 SIM . Persyaratan: 1. E-KTP asli & foto copy 2. Lulus tes kesehatan 3. Lulus ujian teori & praktik (SIM Baru) 4. SIM asli (Proses Perpanjangan) . Lokasi pendaftaran & pelaksanaan pelayanan di SATPAS Polda Metro Jaya Jl. Daan Mogot KM 11 Jakarta Barat *Catatan: Wajib patuhi protokol kesehatan Covid-19 #HariBhayangkaraKe74

A post shared by NTMC POLRI (@ntmc_polri) on Jun 21, 2020 at 5:19am PDT

Sekadar informasi, Polda Metro Jaya sudah membuka pendaftaran sejak 25 Juni hingga 31 Juni 2020. Layanan khusus ini terbatas, untuk pembuatan SIM baru hanya 200 pemohon dan perpanjangan ada 300 pemohon.

Lokasi pendaftaran dan pelaksanaan pelayanan berada di SATPAS Polda Metro Jaya di Jl Daan Mogot KM 11 Jakarta Barat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X