Catat, Underpass Senen Ditutup Mulai Hari Ini, Lalu Lintas Dialihkan

Kompas.com - 01/07/2020, 07:02 WIB
Sejumlah pengendara kendaraan melintas di samping proyek pembangunan Underpass Senen Extension di kawasan Senen, Jakarta, Minggu (3/5/2020). Meski dalam penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19, proyek yang menelan anggaran mencapai Rp 121,1 miliar dan ditargetkan selesai pada Desember 2020 ini diharapkan dapat mengurai kemacetan di kawasan tersebut. ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYATSejumlah pengendara kendaraan melintas di samping proyek pembangunan Underpass Senen Extension di kawasan Senen, Jakarta, Minggu (3/5/2020). Meski dalam penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19, proyek yang menelan anggaran mencapai Rp 121,1 miliar dan ditargetkan selesai pada Desember 2020 ini diharapkan dapat mengurai kemacetan di kawasan tersebut.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan Senen, Jakarta Pusat seiring dengan proyek pembangunan underpass Senen Extension.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, penutupan underpass Senen yang mengarah ke Tugu Tani tersebut ditutup mulai hari ini, Selasa (30/6/2020) hingga 30 Juli 2020 mendatang.

"Seluruh kendaraan biasa melintas akan dialihkan lewat atas underpass. Jadi, kendaraan dari Timur/Pulogadung yang akan menuju Barat (Simpang Senen) diharapkan melalui jalan alternatif," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa.

Baca juga: Kini Tes Covid-19 untuk Dapat SIKM Lebih Simpel

Kemacetan yang terjadi akibat pembangunan Underpass Senen Extension, Senen, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020). Pembangunan Underpass Senen Extension ini dimulai sejak 1 Januari 2020, dan rencananya akan selesai 30 Desember 2020.KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTO Kemacetan yang terjadi akibat pembangunan Underpass Senen Extension, Senen, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020). Pembangunan Underpass Senen Extension ini dimulai sejak 1 Januari 2020, dan rencananya akan selesai 30 Desember 2020.

Sementara lalu lintas dari arah Selatan atau Salemba menuju Timur atau Pulogadung yang semula menggunakan jalan sisi Utara tiang fiyover dialihkan melalui sisi Selatan tiang flyover.

" Lalu lintas dari Barat (Tugu Tani) menuju Timur atau Pulogadung yang semula menggunakan jalan sisi Utara tiang flyover dialihkan melalui sisi Selatan tiang flyover dan dapat belok kanan menuju Selatan atau Salemba mengikuti fase lampu lalu lintas," Sambodo.

"Lalu, pelayanan bus Transjakarta koridor 4 Ancol, Kampung Melayu, penumpang dari arah Kampung Melayu yang akan turun di Halte Transjakarta Senen Central dialihkan ke Halte Transjakarta Budi Utomo," lanjutnya.

Untuk lalu lintas simpang Kramat Bunder dari Utara atau Bungur yang semula dapat belok kanan di simpang Kramat Bunder dialihkan belok kiri berputar di atas underpass.

Baca juga: Salah Kaprah Soal Interval Pergantian Oli Mesin Kendaraan

Suasana pembangunan Underpass Senen Extension, Senen, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020). Pembangunan Underpass Senen Extension ini dimulai sejak 1 Januari 2020, dan rencananya akan selesai 30 Desember 2020.KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTO Suasana pembangunan Underpass Senen Extension, Senen, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020). Pembangunan Underpass Senen Extension ini dimulai sejak 1 Januari 2020, dan rencananya akan selesai 30 Desember 2020.

"Lalu lintas dari arah Barat atau Tugu Tani dan Utara atau Ancol yang semula putar balik di simpang Kramat Bunder dialihkan lurus berputar di atas underpass," ujar dia lagi.

Underpass tersebut, lanjut Sambodo, nantinya akan mengakomodir pergerakan lalu lintas dari Timur (Pulogadung) belok kanan ke Utara yang terhubung dengan underpass eksisting.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Lilik Sumardi mengatakan, sebelum diberlakukan atau penutupan underpass tersebut. Pihaknya sudah melakukan sosialisasi terlebih dahulu.

"Seminggu yang lalu sudah disosialisasi, lanjut ini penutupan untuk penyambungan terowongan yang dari Jalan Suryopronoto ke terowongan Atrium Senen, pengalihan arus selama sebulan peresmian bulan 12 (Desember)," ujar Lilik.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X