Mengenal Preload, Cara Mengatur Keras Lembut Bantingan Suspensi

Kompas.com - 24/06/2020, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengganti suspensi aftermarket boleh saja dilakukan oleh pemilik sepeda motor. Salah satu kelebihan yang ditawarkan suspensi motor aftermarket, adalah kemampuannya menyetel preload, alias karakter bantingan saat berkendara.

Sebagian orang, kadang tidak memikirkan apa fungsi setelan preload tersebut, yang penting tampilan motor menjadi lebih keren. Padahal, preload memiliki peran untuk mengatur keras dan lembut bantingan per atau suspensi motor.

Mekanik Ohlins Indonesia, Mumus Muslihat mengatakan, suspensi yang bisa diatur preloadnya, tergantung dari beban yang dibawa pada motor, mulai dari berat pengendara sampai sering boncengan atau tidak.

Baca juga: Bisnis Mobil Bekas, yang Beli Jarang yang Jual Banyak

Suspensi balap dan harian Ohlins untuk Yamaha R15.Agung Kurniawan Suspensi balap dan harian Ohlins untuk Yamaha R15.

“Menyetel preload, biasanya kita tanya dulu berapa berat badan dari pengendara. Kalau memang dia sering boncengan, kita tambah setelan preloadnya. Semakin dia menekan per, semakin keras setelannya,” kata Mumus kepada Kompas.com, Selasa (23/6/2020).

Jadi semakin berat yang ditopang oleh suspensi, demikian juga setelannya dibuat semakin keras. Jika tidak disetel kekerasannya, yang terjadi yaitu ban bisa mentok dengan bodi, motor terasa keras, padahal sudah mentok.

Baca juga: Begini Visual Toyota Corolla Cross, Calon Rival Honda HR-V

Perlu diingat, menaikkan preload bukan membuat per menjadi lebih keras. Namun menyetel preload perlu dilakukan agar ketika pengendara naik ke motornya, bodi tidak terlalu turun sehingga mentok mengenai ban.

Jangan sampai sudah membeli suspensi aftermarket yang lebih mahal dari standar pabrikan, namun tidak menggunakan fitur yang ada seperti pengaturan preload ini. Jangan sia-siakan keunggulan yang dimiliki pada suspensi aftermarket.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.