Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Visual Toyota Corolla Cross, Calon Rival Honda HR-V

Kompas.com - 23/06/2020, 16:13 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota dikabarkan sedang menyiapkan peluncuran Corolla Cross. Mobil yang akan bermain di segmen crossover tersebut, digadang-gadang bakal mengaspal pertama kali di ajang Bangkok Motor Show pada pertengahan Juli 2020 mendatang.

Datang dengan nama keluarga sedan legendaris Toyota, Corolla Cross bakal muncul dengan desain yang serba futuristik. Melihat dari perawakan yang dilansir Hotcars, nampak bagian bumper dan gril dibuat lebar.

Bila melihat sekilas, tampangnya memang seperti sedan Corolla yang dibuat lebih tinggi, apalagi dengan adanya lekukan pada bagian samping bumper. Sementara untuk lampu utama desainya dibuat horizontal yang seakan menyatu dengan lekukan kap mesin depan.

Baca juga: Bocoran Toyota Corolla Cross, Meluncur Juli 2020?

Guratan tebal dari bagian depan dibuat menyambung hingga lekukan baris kedua yang mendekati pintu bagasi belakang. Toyota juga memberikan sentuhan permainan dua warna pada bagian eksterior untuk memperkaya visualnya.

Spyshot Toyota Corolla Crossheadlightmag.com Spyshot Toyota Corolla Cross

Sementara itu, ciri khas mobil petualang ditampilkan dari adanya fender berkelir hitam yang menghiasi sektor kaki-kaki, lengkap dengan side skirt yang dilapis warna senada. Untuk pelek sendiri nampak menggunakan dimensi yang besar sehingga ikut mendongkrak ketinggian ground clearance-nya.

Mobil yang masuk dalam proyek 740B ini dibangun di atas platform Toyota New Global Architecture C (TNGA-C) yang serupa dengan C-HR.

Untuk urusan dapur pacu yang diaplikasinya, dikabarkan akan hadir dengan beberapa varian mesin, yakni bensin konvensional serta hibrida.

Spyshot Toyota Corolla Crosswww.7car.tw Spyshot Toyota Corolla Cross

Untuk mesin bensin akan mengusung kubikasi 1.800 cc yang siap menyuplai tenaga sebesar 140 tk. Konsumen yang butuh tenaga lebih besar. juga bisa melirik mesin 2.000 cc Dynamic Force yang mampu melontarkan tenaga hingga 178 tk.

Baca juga: Corolla Cross Siap Meluncur, Harga Bekas Corolla Altis Rp 65 Jutaan

Sedangkan untuk pilihan yang efisien serta ramah lingkungan, tersedia mesin 1.800 cc hybrid yang menggunakan motor listrik dengan tenaga yang dihasilkan mencapai 170 tk.

Semua varian akan dilengkapi transmisi CVT Direct yang akan dikawinkan dengan dua pilihan penggerak roda, yakni Front Wheel Drive (FWD) serta All Wheel Drive (AWD).

Toyota Corolla Crosshttps://www.hotcars.com/ Toyota Corolla Cross

Belum ada spesifikasi atau tampilan resmi dari interiornya, namun dari beragam sumber disebutkan Corolla Cross akan membawa ragam fitur-fitur terkini. Sarana hiburan juga akan terkoneksi dengan interner, serta Apple Car Play, dan untuk model hibridanya akan ditunjang dengan Toyota Safety Sense.

Rumors yang beredar, Toyota akan menjadi Corolla Cross sebagai rival tangguh untuk Honda HR-V. Hal ini mungkin saja, karena selain akan bertemu di kelas yang sama, dari segi mesin pun juga cukup imbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com