Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Mana, Motor dengan Suspensi Belakang Monoshock atau Dualshock?

Kompas.com - 09/06/2020, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika membeli motor, kadang suka terpikirkan model seperti apa yang diinginkan. Untuk peredam kejut (shockbreaker) motor saja ada dua pilihan, monoshock dan  dualshock.

Kadang terpikir apa saja kelebihan dari masing-masing model shockbreaker ini, mana yang lebih nyaman atau lebih enak untuk bermanuver.

Endro Sutarno, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, untuk kedua model suspensi belakang pada motor, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca juga: Motor yang Melanggar Ganjil Genap Belum Ditilang sampai Ada Rambu

mesin honda geniohttps://tmcblog.com/wp-content/uploads/2019/06/Honda-Genio-025.jpg mesin honda genio

“Motor dualshock memiliki kelebihan seperti menopang beban lebih optimal dan seimbang, titik beban merata di setiap titik rangka, dan biaya perawatannya lebih murah dibanding monoshock posisi tengah, bukan skutik,” kata Endro kepada Kompas.com belum lama ini.

Kekurangan dari dualshock yaitu, beban masing-masing shockbreaker berbeda saat menikung, kurang stabil seperti motor dengan monoshock di tengah misalnya pada motor sport.

“Kelebihan dari monoshock posisi di tengah yaitu stabil saat menikung, handling lebih baik, dan jarak main ayun lebih panjang. Sedangkan kekurangannya yaitu umur pakai biasanya lebih pendek dan kurang efektif membawa beban yang berat,” ucap Endro.

Baca juga: Berlaku di Jalan Mana Saja jika Ganjil Genap Motor Diterapkan?

Endro menjelaskan, untuk skutik monoshock, berbeda dengan shockbreaker yang ada di tengah. Monoshock dan dualshock pada skutik memiliki fungsi yang hampir sama. Hal ini dikarenakan bentuk mesin skutik yang sekaligus sebagai lengan ayun.

“Oleh karena bentuk mesin dan fungsinya, shockbreaker skutik dipasang di belakang untuk menopang bodi motor secara menyeluruh, agar lebih seimbang,” ujar Endro.

Endro juga mengatakan, perhitungan untuk menggunakan monoshock atau dualshock pada skutik sudah disesuaikan dengan rangka motornya. Dualshock biasa digunakan pada skutik besar, berarti membutuhkan shockbreaker yang menerima berat lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com