Pertimbangkan, Lebih Baik Alphard Seken atau Toyota Calya Baru?

Kompas.com - 21/06/2020, 16:01 WIB
Ilustrasi Toyota Alphard generasi pertama wikipediaIlustrasi Toyota Alphard generasi pertama

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pecinta mobil Multi Purpose Vehicle (MPV), saat ini memang sudah banyak tipe mobil yang bisa dipilih. Namun, bagaimana jika hanya memiliki dana Rp 150 juta?

Dengan kisaran hara tersebut, salah satu pilihan yang bisa masuk daftar pilihan dalam membeli mobil baru adalah Toyota Calya.

Dibanderol dengan kisaran harga Rp 137 jutaan hingga Rp 146 jutaan, mobil ini sudah menawarkan sebuah MPV dengan konfigurasi 7 dudukan.

Tetapi, dengan kisaran harga tersebut jangan berharap untuk mendapatkan desain yang mewah serta ragam fitur yang melipah di dalamnya.

Baca juga: Cuci Gudang, Ninja SL Mono Cuma Rp 29,9 Juta

Namun jika Anda belum sreg dengan Toyota Calya, pilihan lainnya bisa jatuh kepada mobil bekas. Dengan budget minim tersebut bisa mendapatkan sebuah MPV premium yaitu Toyota Alphard.

Saat ini Alphard generasi pertama dengan tahun produksi 2004 hingga 2007 sudah memiliki kisaran harga Rp 120 jutaan.

Lantas, mana yang sebaiknya dipilih?

Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, mengatakan, jika pembeli hanya memiliki budget Rp 150 juta, sebaiknya pilihan dijatuhkan kepada Toyota Calya.

Toyota Calya Facelift 2019 Toyota Calya Facelift 2019

“Karena free maintanance untuk mobil Alphard tahun 2004 hingga 2007 cukup berat. Kalau tidak dapat kondisi mobil yang bagus dan kilometernya sedikit itu akan menghabiskan dana lebih banyak untuk servis keseluruhan,” ujar Herjanto saat dihubungi Kompas.com, Minggu (21/6/2020).

Herjanto menyarankan, jangan memaksakan untuk membeli mobil bekas dengan tahun yang sudah cukup lama hanya karena fitur mewah yang ditawarkan.

Baca juga: Selain Repsol Honda Pol Espargaro Buka Peluang ke Ducati

“Sebab, kalau rusak pasti akan makan lebih banyak dana. Saran saya, kalau mau membeli mobil Alphard bekas lebih baik tahun 2014 keatas. Karena kondisi mobilnya banyak yang masih bagus dan kilometernya juga sedikit,” katanya.

Sedangkan, dengan budget yang sama, calon pembeli bisa mendapatkan mobil Toyota Calya dengan status sebagai mobil baru. Belum lagi, akan dimanjakan dengan garansi dan biaya servis yang gratis selama periode tertentu, sehingga bisa membuat pemilik mobil tenang.

"Kembali lagi ke pilihan masing-masing, jika menginginkan kemewahan dan fitur yang cangih Alphard seken bisa menjadi pilihan. Namun, jika menginginkan mobil dengan kehematan bahan bakar yang sangat baik Toyota Calya adalah pilihan yang tepat," lanjut Herjanto.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X