Fasilitas Selimut dan Bantal pada Bus AKAP Masih Dihilangkan

Kompas.com - 11/06/2020, 17:01 WIB
fasilitas bus kompasianafasilitas bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus antar kota antar provinsi (AKAP) memiliki tingkatan kelas, mulai dari ekonomi sampai paling tinggi yaitu eksekutif. Pada kelas eksekutif biasanya penumpang diberikan bantal dan selimut agar lebih nyaman dalm perjalanan.

Namun semenjak akhir bulan Maret, fasilitas bantal dan selimut tidak diberikan kepada penumpang bus AKAP. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona yang bisa menular lewat droplet.

Lalu saat ini bus AKAP sudah kembali beroperasi dengan mengikuti protokol kesehatan dan pembatasan jumlah penumpang.

Apakah fasilitas bantal dan selimut kembali diberikan untuk penumpang?

Baca juga: Jangan Tertipu, Begini Cara Mendeteksi Mobil Bekas Banjir

Bantal dan selimut bus akapbus-truck.id Bantal dan selimut bus akap

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) dan pemilik PO SAN, Kurnia Lesani Adnan mengatakan, untuk sementara fasilitas bantal dan selimut belum diberikan pada penumpang.

“Karena bantal dan selimut bisa menjadi media penyebaran virus corona, jadi untuk sementara belum kami berikan,” ucap pria yang biasa disapa Sani kepada Kompas.com, Kamis (11/6/2020).

Baca juga: Ganjil Genap Mobil dan Motor Mulai Diterapkan 12 Juni 2020?

Serupa dengan PO SAN, PO Maju Lancar masih tidak memberikan fasilitas bantal dan selimut untuk penumpang. Adi Prasetyo, Direktur Operasional PO Maju Lancar mengatakan, protokol kesehatan masih sangat diperhatikan saat operasional bus.

Selimut dan bantal tidak diberikan ke penumpang, lalu pengecekan suhu juga masih dilakukan. Selain itu, walaupun ada pelonggaran jumlah kapasitas penumpang jadi 70 persen, kami masih berlakukan jaga jarak saat duduk,” kata pria yang sering disapa Didit kepada Kompas.com.

Baik Sani dan Didit mengatakan, fasilitas bantal dan selimut tidak akan dihilangkan. Kedepannya jika kondisi sudah semakin membaik, ada kemungkinan bantal dan selimut akan kembali diberikan kepada penumpang untuk menunjang kenyamanannya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X