Kompas.com - 11/06/2020, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pemilik mobil yang tak mau repot dan langsung menjual kendaraannya ketika terendam banjir.

Para calon pembeli mobil bekas pun harus pintar-pintar memilih, jangan sampai mendapat unit bekas banjir. Sebab, mobil bekas yang pernah terendam banjir akan banyak memberikan kerugian biaya perbaikan.

Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, mengatakan, mobil bekas yang pernah terkena banjir cepat atau lambat pasti butuh biaya untuk mengganti komponen yang rusak.

Baca juga: Malas Cuci Motor Bisa Bikin Shockbreaker Bocor

“Memang secara unit pasti lebih murah, tetapi harus siapkan dana untuk perbaikan masalah ke depannya,” ujar Herjanto kepada Kompas.com.

Kondisi interior mobil yang baru habis terendam banjir.Kompas.com/Alsadad Rudi Kondisi interior mobil yang baru habis terendam banjir.

Menurutnya, deteksi mobil bekas banjir paling mudah dengan melihat interiornya. Apabila pernah terendam, mobil bekas banjir pasti akan tercium bau apak.

Selain itu, calon pembeli sebaiknya periksa juga bagian panel-panel pintu, sudut kabin, dan bagian bawah dasbor mobil serta karpet.

Lihat apakah ada bekas endapan lumpur atau kotoran di bagian tersebut.

Baca juga: Ban Motor Terasa Peyang, Ini Salah Satu Penyebabnya

Mobil bekas banjir pasti tercium dari aromanya, cek juga bagian dasar lantai, bagian sudut-sudutnya apaakah ada karat atau tidak,” kata Herjanto.

Terakhir, Herjayanto menambahkan, untuk perhatikan juga bagian jok mobil. Kalau jok masih dari bahan fabric biasanya terlihat ada noda air mengering.

“Itu bisa jadi indikasi mobil pernah terendam banjir,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.