Sasis Paling Sering Digunakan Bus AKAP, Hino RK8

Kompas.com - 05/06/2020, 19:01 WIB
Hino rk8 showroom bus hino rk 8Hino rk8

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus antar kota antar provinsi (AKAP) di Indonesia saat ini didominasi oleh satu sasis, yaitu Hino RK8 R260. Setiap perusahaan otobus (PO) biasanya memiliki armada yang menggunakan sasis ini.

Selain itu, berdasarkan data wholesales dari Gaikindo bulan Januari sampai April 2020, Hino berhasil menjual 310 unit RK8, paling banyak dari sasis bus lain. Lalu mengapa sasis Hino RK8 paling disukai oleh PO bus AKAP?

Dimas Raditya, anggota dari Forum Bismania Indonesia, mengatakan, banyak PO bus yang memilih sasis RK8 karena faktor harga yang terjangkau, bisa diandalkan, dan mudah untuk perawatannya.

Baca juga: Mobil Pribadi Boleh Bawa Penumpang Penuh, tapi...

Sasis bus Hino R260tribunnews.com Sasis bus Hino R260

“Kalau dibandingkan dengan yang setara dari merek lain, Hino RK8 bisa lebih hemat hampir Rp 100 juta. Jadi selisih tersebut bisa digunakan untuk melakukan modifikasi pada sasisnya,” kata Dimas kepada Kompas.com, Jumat (5/6/2020).

Biasanya PO bus membeli sasis tersebut karena paling murah untuk dipasangkan dengan bodi super high deck (SHD) yang memiliki bagasi luas dengan dek kabin yang tinggi. Selain itu, RK8 juga sering dimodifikasi bagian suspensinya dengan air suspension.

“Kalau mau dibuat bodi SHD, anjuran karoseri memang harus ganti dengan air suspension, namun ada juga yang pakai suspensi standarnya atau leaf spring,” ucap Dimas.

Baca juga: PSBB Transisi, Mobil Pribadi Boleh Bawa Penumpang Penuh dengan Syarat

Terkait bisa diandalkan, sasis RK8 belum banyak sistem elektroniknya, seperti yang dikatakan Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam. Minimnya sistem elektronik memudahkan mekanik ketika ada masalah.

“Karakter mesinnya yang mengeluarkan tenaga dengan instan, disukai oleh pengemudi. Bus terasa nurut dengan kaki pengemudinya,” kata Anthony kepada Kompas.com.

Hino rk8mobilkomersial.com Hino rk8

Kalau soal perawatannya, Anthony mengatakan, Hino sudah menjadi produk global, jadi pencarian suku cadang lebih banyak tersedia di pasaran. Selain itu tersedia juga aftersales dan servis dilernya.

Spesifikasi mesin dari sasis RK8 yaitu 7.684 cc 6 silinder segaris dengan turbocharger yang menghasilkan tenaga 260 PS di 2.500 rpm dan torsi maksimum 750 Nm di 1.500 rpm.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X