Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Model Pintu Belakang Bus, dengan Kaca dan di Bawah Kaca

Kompas.com - 03/06/2020, 14:15 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPintu masuk kabin bus untuk penumpang biasanya ada dua, pada bagian depan dan belakang. Jika diperhatikan, bus-bus saat ini memiliki model pintu yang ada di bawah kaca.

Padahal dulunya, pintu belakang bus memiliki kaca pada bagian pintunya. Lalu mengapa ada dua model pintu belakang pada bus?

Werry Yulianto, Export Manager dari karoseri Laksana, mengatakan, adanya dua model pintu belakang bus ini dikarenakan standar dari dimensi bus itu sendiri.

Baca juga: Nissan Tutup Pabrik di Indonesia, Diskon Terra Tembus Rp 110 Juta

Pintu busWerry Yulianto Pintu bus

“Kalau bus zaman sekarang, modelnya tinggi-tinggi, enggak seperti yang dulu. Jadi bus sekarang dengan model pintu di bawah kaca, penumpang tetap bisa leluasa masuk, tidak perlu menunduk,” kata Werry kepada Kompas.com, Selasa (2/6/2020).

Werry juga mengatakan, kalau bus zaman dulu punya dimensi yang tidak setinggi sekarang, jadi pintunya harus dibuat tinggi. Namun bagi pemesan bodi bus, tetap bisa memilih opsi pintu dengan kaca untuk yang belakang.

Baca juga: Pilihan SUV Bekas Muat 7 Penumpang, Fortuner Mulai Rp 140 Jutaan

“Kadang ada Dinas Perhubungan daerah tertentu yang tidak memperbolehkan pintu di bawah kaca, itu menjadi salah satu alasan,” ucap Werry.

Biaya pembuatan pintunya pun sama saja antara keduanya, yang membedakan hanya ukurannya saja. Untuk bus yang memiliki posisi pintu di tengah, biasanya menggunakan model yang di bawah kaca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com