Tiga Cara Baru Grab Layani Penumpang saat New Normal

Kompas.com - 03/06/2020, 07:22 WIB
Program GrabProtect, sebuah protokol keamanan dan kebersihan menyambut new normal. Grab IndonesiaProgram GrabProtect, sebuah protokol keamanan dan kebersihan menyambut new normal.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com -  Melalui GrabProtect yang menjadi protokol keamanan dan kebersihan baru, Grab mengklaim siap memberikan layanan dengan menekan risiko penyebaran Covid-19 di fase new normal.

Rusell Cohen, Regional Head of Operations Grab, mengatakan pandemi Covid-19 telah meningkatkan kesadaran terhadap keamanan dan kebersihan di berbagai industri dan keamanan selalu menjadi fokus utama Grab.

"Melalui program seperti GrabProtect, kami telah meningkatkan standar kebersihan di industri ride-hailing. Bersama dengan mitra pengemudi, kami akan mendorong perilaku bersih yang lebih baik sebelum perjalanan dimulai," ucap Cohen, dalam keterangan resminya, Selasa (2/6/2020).

Baca juga: Strategi Ojek Online Supaya Aman Bawa Penumpang Saat New Normal

Langkah Grab untuk membawa penumpang dalam fase new normal akan dilakukan melalui tiga cara yang diklaim menjadi rutinitas baru dalam berkendara.

Armada luar biasa untuk kebutuhan kritis tenaga medis IndonesiaGrab Indonesia Armada luar biasa untuk kebutuhan kritis tenaga medis Indonesia

Pertama melalui teknologi deklarasi kesehatan online dan mask selfie. Dua fitur ini akan diluncurkan yang mewajibkan pengemudi dan penumpang telah mematuhi langkah keamanan dan kebersihan yang diperlukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitur deklarasi kesehatan dan kebersihan online ini akan mengharuskan mitra pengemudi dan pengantaran, serta penumpang memastikan mereka tidak menunjukkan gejala Covid-19. Mitra pengemudi dan pengantaran juga diminta untuk swafoto menggunakan masker pada fitur mask selfie sebagai langkah pengecekan.

Kedua, Grab telah membentuk armada GrabCar Protect dan GrabBike Protect yang dilengkapi dengan partisi plastik sebagai pemisah untuk meminimalisir kontak antara penumpang dan mitra pengemudi.

Baca juga: Lebih Manusiawi, Ada Usul Ojek Online Diganti Bajaj dan Bentor

Armada GrabBike Protect dengan dilengkapi partisi plastik.Grab Indonesia Armada GrabBike Protect dengan dilengkapi partisi plastik.

Grab akan memasang partisi plastik dan mendistribusikan lebih dari 10.000 peralatan kebersihan yang terdiri dari hand sanitizer, desinfektan kendaraan, masker wajah bagi mitra GrabCar.

Sementara dalam beberapa minggu ke depan, Grab juga menyiapkan partisi plastik dan menyediakan peralatan kebersihan ini kepada lebih dari 8.000 kendaraan ojek online-nya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

“Takut, tapi kadang kita harus keluar. Makanya aku lega bisa pesan GrabCar Protect kalo harus keluar. Buat mengurangi parno, dan sebagai ekstra perlindungan.” cerita Gadis, karyawan di Surabaya. . “Aku pesan buat ke supermarket atau ke toko buah, atau pesenin buat kakakku yang sekali itu perlu diantar ke lab karena anaknya demam. Di groupchat, teman juga masih ada yang harus ke kantor, karena perlu tanda tangan atasan. Kita perlu merasa aman, jadi pakai GrabCar Protect.” lanjutnya. . Pengalamanmu mungkin sama dengan Gadis. Untuk menjawab keresahan ini, GrabCar Protect kita hadirkan. di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Bali, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Lombok, Medan, Yogyakarta, Semarang, Palembang, Lampung, Manado. . "Ada partisi plastiknya antara pengemudi dan penumpang, mobilnya selalu dalam keadaan bersih dan pengemudinya selalu pakai APD." tambah Gadis via telepon. #KitaVSCorona

A post shared by Grab Indonesia (@grabid) on Apr 28, 2020 at 2:01am PDT

Selain itu, Grab juga telah mendirikan lebih dari 40 stasiun sanitasi di Indonesia, termasuk 21 stasiun di Jakarta di mana mitra pengemudi dapat membawa kendaraannya untuk disinfeksi.

Terakhir, penumpang dan mitra pengemudi dapat membatalkan perjalanan apabila persyaratan masker tidak dipenuhi. Para mitra pengemudi dan mitra pengiriman Grab diwajibkan untuk menggunakan masker setiap melakukan perjalanan dengan platform Grab.

Apabila ada salah satu pihak yang tidak menggunakan masker, baik mitra pengemudi dan penumpang dapat membatalkan pemesanan tanpa denda sebelum perjalanan dimulai.

Layanan sanitasi untuk GrabBikeGrab Layanan sanitasi untuk GrabBike

Baca juga: Protes Ojol Bila Dilarang Bawa Penumpang Saat New Normal

Caranya dengan memilih opsi “pengemudi/penumpang tidak memakai masker (driver/passengers did not wear a mask)” sebagai alasan pembatalan. Grab juga telah memperbarui fitur penilaian dan tanggapan serta Pusat Bantuan dalam aplikasi dengan opsi baru untuk pelaporan terkait kesehatan dan kebersihan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.