Mengapa Letak Ban Serep Tiap Mobil Berbeda-beda?

Kompas.com - 01/06/2020, 13:22 WIB
Ban Serep Foto: PeugeotBan Serep

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam kendaraan. Pasalnya, komponen ini bersentuhan langsung dengan aspal, sehingga fungsinya sangat krusial.

Oleh sebab itu, pabrikan menyematkan ban serep yang diletakan pada mobil untuk berjaga jika tiba-tiba ban mobil yang digunakan bocor.

Sebagai pemilik mobil, sebaiknya sudah mengetahui di mana letak posisi ban serep pada mobil, mengingat keberadaannya yang sering tidak sengaja dilupakan akibat letaknya yang cukup tersembunyi.

Baca juga: Ketahui 3 Bahaya Parkir Mobil di Bawah Pohon

Namun, tahukah Anda mengapa pabrikan membuat posisi atau tempat penyimpanan ban serep berbeda-beda pada setiap jenis mobil?

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi, mengatakan, salah satu alasan mengapa letak ban serep berbeda karena keterbatasan ruang yang tersedia.

Ban serepFoto: Peugeot Ban serep

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Seperti contoh, jenis sedan hatcback umumnya berada di dalam bagasi tertutup rapi dengan cover sehingga memberi ruang yang cukup bagi pemilik mobil untuk tetap membawa barang,” ujarnya kepada Kompas.com.

Ban serep yang diletakkan pada bagasi bisa dibilang paling aman dan praktis. Sebab, ban serep tidak mudah kotor dan bisa lebih mudah mengambilnya saat dibutuhkan.

Baca juga: Tol Semarang Solo Longsor, Begini Cara Aman Mengemudi di Jalan Aspal Berlumpur

Sedangkan, untuk tipe mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dan Multi Purpose Vechicle (MPV), letak ban serep biasanya ada di kolong mobil bagian belakang dan ada juga yang menempel di pintu belakang atau yang dikenal dengan istilah konde.

Hal tersebut bertujuan agar penampilan mobil menjadi lebih gagah untuk sebuah mobil SUV.

Modifikasi Ford EcoSport tanpa ban serep yang dilakukan pemilik di Brazil.Noticias Automotivas Modifikasi Ford EcoSport tanpa ban serep yang dilakukan pemilik di Brazil.

“Posisi ini memang terlihat lebih rumit, sebab jika ingin menggunakannya, pemilik mobil harus membuka baut pengaman yang berfungsi untuk mengikat dan menahan ban serep,” kata Didi.

Ia juga menambahkan, posisi ban serep yang berada di kolong mobil dan bagian belakang, otomatis akan membuat ban serep sering kotor, sehingga pemilik kendaraan wajib mengecek dan membersihkannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.