Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Letak Ban Serep Tiap Mobil Berbeda-beda?

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam kendaraan. Pasalnya, komponen ini bersentuhan langsung dengan aspal, sehingga fungsinya sangat krusial.

Oleh sebab itu, pabrikan menyematkan ban serep yang diletakan pada mobil untuk berjaga jika tiba-tiba ban mobil yang digunakan bocor.

Sebagai pemilik mobil, sebaiknya sudah mengetahui di mana letak posisi ban serep pada mobil, mengingat keberadaannya yang sering tidak sengaja dilupakan akibat letaknya yang cukup tersembunyi.

Namun, tahukah Anda mengapa pabrikan membuat posisi atau tempat penyimpanan ban serep berbeda-beda pada setiap jenis mobil?

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi, mengatakan, salah satu alasan mengapa letak ban serep berbeda karena keterbatasan ruang yang tersedia.

“Seperti contoh, jenis sedan hatcback umumnya berada di dalam bagasi tertutup rapi dengan cover sehingga memberi ruang yang cukup bagi pemilik mobil untuk tetap membawa barang,” ujarnya kepada Kompas.com.

Ban serep yang diletakkan pada bagasi bisa dibilang paling aman dan praktis. Sebab, ban serep tidak mudah kotor dan bisa lebih mudah mengambilnya saat dibutuhkan.

Sedangkan, untuk tipe mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dan Multi Purpose Vechicle (MPV), letak ban serep biasanya ada di kolong mobil bagian belakang dan ada juga yang menempel di pintu belakang atau yang dikenal dengan istilah konde.

Hal tersebut bertujuan agar penampilan mobil menjadi lebih gagah untuk sebuah mobil SUV.

“Posisi ini memang terlihat lebih rumit, sebab jika ingin menggunakannya, pemilik mobil harus membuka baut pengaman yang berfungsi untuk mengikat dan menahan ban serep,” kata Didi.

Ia juga menambahkan, posisi ban serep yang berada di kolong mobil dan bagian belakang, otomatis akan membuat ban serep sering kotor, sehingga pemilik kendaraan wajib mengecek dan membersihkannya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/01/132200715/mengapa-letak-ban-serep-tiap-mobil-berbeda-beda-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke