Kompartemen di Motor Matik yang Rawan Jadi Sarang Tikus

Kompas.com - 30/05/2020, 14:22 WIB
ilustrasi tikus sebagai pemeran utama pengantar hantavirus. AFP/SANJAY KANOJIAilustrasi tikus sebagai pemeran utama pengantar hantavirus.
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Meski memiliki kelebihan, sepeda motor jenis matik ternyata ada ancaman yang perlu diwaspadai oleh setiap pemilik motor bertransmisi otomatis itu.

Salah satunya, yaitu keberadaan tikus yang sering masuk ke kolong kompartemen atau dek bawah pijakan kaki pengemudi.

Adanya ruang yang cukup luas di bagian tersebut menjadikan tempat yang "nyaman" bagi hewan pengerat itu bersembunyi atau bahkan bersarang.

Tak hanya menimbulkan bau yang tidak sedap, sejumlah sampah pun sering ditemukan di dalam kolong yang terletak di depan mesin tersebut.

Baca juga: Saat New Normal, Isi Ulang E-Toll di Gerbang Tol Dihapus?

Jika beruntung, hewan pengerat itu tidak akan sampai memakan kabel-kabel yang ada di dalam kompartemen.

Kompartemen motor matik jadi sarang tikusAri Purnomo Kompartemen motor matik jadi sarang tikus

Pemilik bengkel spesialis matik Naranata Motor, Solo, Jawa Tengah ( Jateng) Joko Purnomo mengatakan, kolong pada pijakan kaki pengendara memang rawan menjadi sarang tikus.

"Sudah banyak kejadian, pemilik motor yang datang karena motornya tiba-tiba tidak bisa distarter. Dan setelah dilakukan pengecekan, ternyata kabelnya putus digigit tikus," katanya kepada Kompas.com, Sabtu (30/5/2020).

Joko juga mengatakan, selama ini alternatif yang bisa dilakukan untuk mencegah tikus masuk ke kolong kompartemen adalah dengan membersihkannya.

Baca juga: Ribuan Kendaraan di Jabar di Paksa Putar Balik karena Tak Bawa SIKM

"Biasanya juga ada kotorannya, lalu ada sampahnya, itu dicuci bersih. Dan untuk mencegahnya biasanya saya pakai kapur barus," ucapnya.

Dengan adanya pengharum baju itu, biasanya hewan pengerat itu enggan kembali datang ke tempat yang sebelumnya sering didatanginya.

Ilustrasi cuci motorafifmotor.files.wordpress.com Ilustrasi cuci motor

Terpisah, Oke Desiyanto, Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng mengatakan, mengantisipasi adanya tikus bisa dilakukan dengan rajin mencuci motor.

Dengan mencuci, selain bisa menjaga komponen agar tetap awet juga bisa menghindarkan motor menjadi sarang tikus.

Baca juga: Dispensasi Perpanjangan SIM di DIY Berlaku sampai 29 Juni 2020

“Saat mencuci motor otomatis kompartemen motor akan basah dan bersih dan hewan seperti tikus juga akan pergi,” katanya.

Oke juga mengatakan, jika sampai tikus bersarang di kompartemen matik bisa juga berbahaya. Lantaran tikus bisa saja merusak kabel atau bagian lain yang ada di sekitarnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X