Salah Satu Penyebab Mobil Terbakar, Sembarangan Modifikasi

Kompas.com - 26/05/2020, 18:01 WIB
Modifikasi Mobil Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 KOMPAS.com/RulyModifikasi Mobil Indonesia Modification Expo (IMX) 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini tren modifikasi terus meningkat, meski pihak pabrikan sudah dengan tegas menyatakan garansi yang diberikan bisa saja gugur.

Bukan tanpa alasan mengapa pihak pabrikan menyarankan pemilik kendaraan untuk tidak memodifikasi mobilnya. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan asal melakukan ubahan tapi ternyata berbahaya untuk digunakan baik untuk diri sendiri atau pengguna jalan lain.

Baca juga: Mobil Langsam di Lajur Kanan Malah Bikin Macet, Ini Alasannya

Dealer Technical Support Dept. Head PT.TAM, Didi Ahadi, mengatakan, pihak pabrikan lebih menekankan pada bagian kelistrikan, jika ada penambahan aksesori.

Sebab, menurutnya pihak pabrikan tidak mengetahui apakah penambahan aksesori tersebut melakukan penyuntikan kabel, penambahan kabel atau lainnya.

Sistem audio baru pada Honda HR-V 1.5 L Special EditionSTANLY RAVEL Sistem audio baru pada Honda HR-V 1.5 L Special Edition

“Dari pabrikan sudah punya standar, kabel yang digunakan itu bisa menampung beban seberapa besar,” ujarnya kepada Kompas.com.

Baca juga: Wajib Dibersihkan, Ini Bagian Mobil yang Menjadi Sarang Kuman

Seperti contohnya upgrade audio, bila tidak diimbangkan dengan penambahan daya maka cukup berisiko.

Didi melanjutkan, jika ada kabel yang kelebihan beban, kemudian menjadi panas dan meleleh, dampaknya bisa ke mana-mana, mulai dari korsleting hingga kebakaran.

“Hal yang kita hindari itu kalau terjadi kerusakan atau kebakaran yang diakibatkan modifikasi yang dilakukan pihak lain, lalu klaimnya ke pihak pabrikan,” kata Didi.

Didi menambahkan, kalau ada terjadi kebakaran begitu, biasanya pihak pabrikannya dulu yang dipertanyakan.

“Tentunya pihak pabrikan pasti akan melakukan investigasi terlebih dahulu,” katanya.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X