Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Ayo Bersihkan Emblem Mobil Sendiri

Kompas.com - 25/05/2020, 14:31 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Emblem atau logo yang berada di grill, buritan dan di tengah setir kerap terabaikan. Tak heran area ini banyak ditemukan kotoran, bahkan untuk mobil yang rajin dicuci sekalipun.

Samsudin, National Technical Advisor Astra Peugeot, mengatakan, jika kotoran tersebut lama dibiarkan bisa menjadi kerak, bahkan jika tidak kunjung ditangani bisa menimbulkan jamur di celah-celah logo.

Baca juga: Beli Peugeot 3008 Allure Plus, Gratis Cicilan 6 Bulan

"Kotoran macam itu biasanya muncul di mobil yang usia pakaianya lebih dari tiga tahun. Cirinya emblem terkesan kusam lantaran sudah berlapis ragam noda," katanya dalam siaran resmi, Senin (25/5/2020).

Logo Peugeot Logo Peugeot

Samsudin mengatakan, cara paling mudah untuk membersihkannya yaitu pakai cairan pembesih. Cukup siapkan produk All Purpose Cleaner yang memang diperuntukkan untuk produk otomotif.

“Banyak tersedia di toko perkakas maupun toko variasi dan pusat perawatan mobil. Pastikan tidak pakai obat usir kerak yang biasa dijual di toko kimia,” katanya.

Baca juga: Peugeot 3008 SUV Allure Plus Punya Warna Baru

Samsudin mengingatkan, jagan memakai cairan pembersih yang mengandung acid/asam. Sebab dikhawatirkan dapat merusak lapisan krom di logo baik yang terbuat dari metal maupun plastik.

Cara membersihkan emblem atau logo di mobil:

1. Mulai dengan mengawali membersihkan area sekitar logo dengan air bersih. Lalu semprotkan cairan pembersih secara merata dibagian logo yang akan dibersihkan.

Bisa disemprotkan lumayan banyak jika kotoran dirasa terlalu tebal. Untuk proses perontokkan kerak, bisa dimulai dengan menggosokan sikat gigi bayi agar permukaan bodi tidak mudah tergores.

Lakukan secara perlahan dan jangan ditekan terlalu keras.

“Tapi jika masih ada kotoran yang melekat di celah kecil, barulah gunakan cotton bud dengan cara yang sama untuk menjangkaunya,” katanya.

2. Setelah terlihat agak bersih, proses berikutnya adalah membilas bekas kotoran dengan air bersih. Lakukan berulang hingga kerak dan jamurnya benar-benar hilang.

Jika masih punya waktu, trik ini juga bisa dilakukan pada grill atau part-part berlapis krom di mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com