Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapor Xenia Merah, Ini Kata Daihatsu

Kompas.com - 16/05/2020, 07:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan mobil di Indonesia mengalami penyusutan drastis akibat dampak pandemi corona (Covid-19). Lambatnya roda perekonomian, membuat daya beli masyarakat pun menurun.

Bila berkaca dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil selama April 2020 atau ketika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai diterapkan, turun hingga 60 persen dibandingkan bulan sebelumya.

Data retail roda empat anjlok dari 60.447 unit di Maret menjadi 24.276 unit selama April. Sementara wholesales, makin terpuruk dengan angka 90 persen, atau dari 76.800 menjadi 7.871 unit saja.

Baca juga: Penjualan Mobil di April 2020 Anjlok, Gaikindo Kecewa

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengakui bila terjadi penyusutan yang sangat signifikan pada April lalu dengan penjualan retail yang hanya 5.200 unit, atau turun 52,9 persen dibandingkan Maret.

Tampilan baru Daihatsu Xenia facelift Tampilan baru Daihatsu Xenia facelift

Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Tbk, Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, penurunan penjualan terjadi pada semua produk Daihatsu, terutama MPV murahnya, yakni Xenia.

"Kalau dilihat dari semua model, paling banyak memang Xenia turun sampai 40 persen. Kenapa Xenia, karena market low multi purpose vehicle (LMPV) di pasar Indonesia mengalami penurunan yang paling besar, sebesar 35 persen," ucap Hendrayadi saat diskusi virtual bersama wartawan, Kamis (14/5/2020).

"Berdasarkan hal itu, jadi wajar bila Xenia di yang berada di kelas LMPV juga mengalami penuruan yang paling besar," kata dia.

Baca juga: Penjualan Mobil Indonesia Terus Tertekan Sampai 2022

Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.

Sepanjang Januari hingga April 2020, Daihatsu hanya mendistribusikan 44.300 unit, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode yang sama dengan jumlah 60.000-an, maka penurunan penjualannya mencapai 26,9 persen.

Meski demikian, Hendrayadi mengatakan jumlah tersebut dirasa cukup baik lantaran secara angka masih lebih kecil dari penurunan market otomotif yang mencapai 28 persen.

Sedangkan secara model, Sigra masih didaulat menjadi kontributor utama bagi line-up Daihatsu. Penjualan Sigra pada kuartal awal 2020 mencapai 12.868 unit, yang kemudian diikuti Gran Max pikap 8.805 unit, dan Terios 7.131 unit.

Baca juga: Susah Kredit, Konsumen Daihatsu Pilih Beli Mobil Secara Tunai

Daihatsu Sigra lakukan test drive di Bandung, Jawa BaratAstra Daihatsu Motor (ADM) Daihatsu Sigra lakukan test drive di Bandung, Jawa Barat

Posisi keempat ditempati Ayla dengan jumlah 5.332 unit. Sementara Xenia sendiri berada di urutan kelima dengan kontribusi hanya 5.092 unit.

"Saat ini Sigra menjadi kontibutor utama bagi penjualan Daihatsu. Jadi meski kondisi pasar untuk LCGC hatchback maupun MPV turun, namun angka Daihatsu Sigra sendiri masih cukup baik," kata Hendrayadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com