Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Aki Bukan Sesuai Spesifikasi, Punya Dampak Buruk

Kompas.com - 12/05/2020, 09:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komponen penting pada mobil yang harus dirawat adalah aki. Meski demikian, seiring penggunaannya, aki pada kendaraan juga bisa soak atau habis daya.

Saat ingin mengganti aki baru, pemilik mobil dituntut untuk lebih teliti. Paling utama jangan sampai salah meilihat kode atau spesifikasi dari aki sebelum digunakan. Pasalnya, jika berbeda akan banyak dampak negatif yang bisa merugikan.

Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Suparman, mengatakan, setiap mobil memiliki spesifikasi aki yang berbeda, baik dari ukuran sampai kapasitas ampere-nya.

Baca juga: Ini Alasan GIIAS 2020 Tetap Digelar

Beberapa jenis aki mobil.Kompas.com/Alsadad Rudi Beberapa jenis aki mobil.

“Kalau tidak sama atau asal beli dan memasang aki, maka dampaknya malah akan mendatangkan masalah baru, bahkan bisa lebih merugikan,” ujar Suparman saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Swingarm Pro-Arm Honda NSR 150 SP, Setara Motor Sport Eropa

Bila aki baru yang dipasang tidak cocok atau berbeda spesifikasi dari yang seharusnya, maka bisa mempengaruhi kinerja dari beberapa komponen kelistrikan pada mobil. Mulai dari lampu, sistem audio, bahkan sampai engine control unit (ECU).

Suparman melanjutkan, audio dan ECU juga bisa rusak akibat kapasitas aki yang tidak sesuai spesifikasi kendaraan. Oleh karena itu, baiknya membeli aki yang standar atau sesuai dengan anjuran pabrikan.

“Jangan asal atau menebak. Untuk mengetahui kapasitas aki standar pada mobil dapat dilihat di buku manual. Lihat juga soal kodenya, seperti NS40Z dan lainnya. Setelah itu perhatikan soal tegangan atau volt-nya, jangan sampai lebih atau kurang dari yang sudah ditentukan,” kata Suparman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com