Sayang Anak, Ini Posisi Duduk yang Aman untuk Anak Ketika di Mobil

Kompas.com - 10/05/2020, 09:01 WIB
Ilustrasi anak terkunci di dalam mobil shutterstock/Ole_CNXIlustrasi anak terkunci di dalam mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Di saat kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), banyak orang tua yang mengajak anaknya untuk sekedar jalan-jalan meski hanya di mobil saja.

Bahkan, jalan-jalan ke pusat perbelanjaan seperti supermarket hanya untuk membeli kebutuhan sehari-hari seakan menjadi hobi baru bagi kelaurga dan menjadi hal yang menyenangkan.

Namun perlu diingat, ketika memutuskan untuk mengajak anak bepergian jangan sembarangan memangku atau membiarkannya duduk di kursi depan, meskipun jarak dekat, karena jika salah hal ini bisa berbahaya.

Baca juga: Lakukan 4 Kebiasaan Ini jika Ingin Wiper Mobil Lebih Awet

Training Director Safety Defensive Consultant, Sony Susmana, mengatakan, posisi duduk anak-anak yang aman baik menggunakan car seat maupun tidak adalah di belakang kiri pengemudi.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

“Hal ini dikarenakan mudah terpantau dari kaca spion tengah dan pengemudi juga bisa dengan mudah melakukan head check,” ujar Sony kepada Kompas.com.

Untuk balita berusia di bawah satu tahun sebaiknya menghadap ke belakang, sedangkan untuk balita berusia 1 sampai 4 tahun dapat duduk menghadap depan dengan menggunakan car seat.

Baca juga: Efek Buruk jika Knalpot Motor 2 Tak Jarang Dirawat

Hal serupa juga diungkapkan oleh Dealer Technical Support Dept. Head PT.TAM, Didi Ahadi, Balita yang belum berumur satu tahun memang disarankan duduk di kursi belakang menggunakan car seat, bisa menghadap depan atau belakang.

“Sementara jika ingin meletakan di sebelah pengemudi, posisi car seat harus menghadap kedepan atau kejalan,” ujar Didi.

Ketika tinggi anak sudah mencapai 150 cm, barulah diperbolehkan untuk duduk di kursi depan, jadi bisa memakai sabuk pengaman dengan baik dan benar.

Hal ini penting untuk diperhatikan mengingat fungsi air bag yang tidak didesain untuk anak-anak, sehingga bisa meminimalisir kecelakaan atau kejadian yang tidak diinginkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.