Biaya Bikin RV dan Camper Van Basis Gran Max, Siapkan Dana Rp 300 Juta

Kompas.com - 09/05/2020, 14:02 WIB
Majalengka Campervan Tour dok. Majalengka CampervanMajalengka Campervan Tour

BOGOR, KOMPAS.com – Tren jalan-jalan dan berkemah dengan mobil, sedang naik daun di Indonesia. Mobil yang digunakan untuk aktivitas tersebut, yaitu Recreational Vehicle ( RV) dan camper van.

Mobil RV dan camper van di Indonesia, rata-rata merupakan buatan karoseri. Salah satu basis mobil yang paling kecil dan murah untuk dijadikan RV/camper van, yaitu Daihatsu Gran Max dan Suzuki APV, baik model pikap atau MPV.

Winston Wiyanta, Managing Director Karoseri Delima Jaya Group, pembuat bodi RV/camper van, mengatakan, pembuatan dari basis pikap harus menyiapkan budget Rp 300 jutaan.

Baca juga: Imbas Corona dan PSBB, Penjualan Honda Menukik 82 Persen

Suzuki Mega Carry Extra.SIS Suzuki Mega Carry Extra.

“Pilihan sasis untuk RV yang kecil bisa dari pikap, dengan harga mobilnya Rp 150 juta dan biaya karoseri dengan rentang Rp 125 juta sampai Rp 185 juta,” ucap Winston kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sementara untuk pembuatan camper van dari basis minibus dan setara itu, biaya modifikasinya Rp 25 juta sampai Rp 55 juta. Pembuatan camper van lebih murah karena hanya memodifikasi bagian interiornya saja.

Rentang biaya yang lumayan jauh dikarenakan permintaan dari pembeli. Pilihan barang yang dipasang di RV atau camper van bisa di sesuaikan oleh pembeli untuk mengurangi budget pembuatan.

Baca juga: Dampak Buruk Parkir Motor Pakai Standar Samping

“Pembeli RV dan camper van setiap orangnya pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Rentang harga yang dibuat juga tergantung dari permintaan dari pembeli. Untuk memudahkan spesifikasi, ada tujuh pilihan yang bisa disesuaikan oleh pembeli untuk menekan budget,” kata Winston.

Tujuh pilihan barang yang bisa disesuaikan keinginan dari pembeli yaitu :

1. Pilihan Genset yang digunakan
2. AC Split/tambahan
3. Awning tenda otomatis atau manual
4. Jack stand/dudukan mobil ketika berhenti
5. Pantry dapur ditambah peralatan dapur dengan instalasi gas
6. Toilet (shower, toilet bowl, westafel, cermin, rak gantung) dengan instalasi pompa dan tangki air
7. Meja dengan ketinggian yang bisa diatur.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X