Plus Minus Memperbesar Profil Ban Motor

Kompas.com - 09/05/2020, 09:42 WIB
Ban motor khusus balap MiniGP buatan lokal Ban motor khusus balap MiniGP buatan lokal

JAKARTA, KOMPAS.com – Memodifikasi tampilan motor ada banyak caranya salah satu yang paling mudah, adalah mengganti ukuran ban. Selain praktis, mengganti ukuran ban minim biaya dan tidak perlu adanya ubahan macam-macam.

Mengganti ukuran dari ban standar dengan memperbesar (naik) atau memperkecil (turun)   profil ban memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing.

Setyo Suyarko, Trainer Yamaha Riding Academy On Road dan Off Road mengatakan bahwa mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar memang masih lebih aman dibanding dengan ban yang lebih kecil.

Baca juga: Ingin Balik Nama Kepemilikan Kendaraan, Segini Rincian Biayanya

Ban Motor Pirelli Diablo Rosso Sport Ban Motor Pirelli Diablo Rosso Sport

“Ban yang lebih besar memiliki grip yang lebih baik dibanding dengan ban yang kecil atau ban cacing,” kata Setyo kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dibalik meningkatkan grip, terdapat kekurangan dari menaikkan profil ban motor. Pertama yaitu mengurangi kelincahan dari motor.

Motor akan terasa berat ketika dibawa bermanuver. Hal itu dikarenakan ukuran ban yang semakin besar menjadi lebih berat,” ucap Setyo.

Baca juga: Mobil Kelamaan Nganggur di Garasi, Perlukah Aki Dicopot?

Minus yang kedua yaitu performa motor akan terasa menurun. Hal tersebut dikarenakan ban yang berat menambah berat keseluruhan motor sehingga motor terasa lebih berat dibanding sebelum mengganti ban.

Selain dari itu, ukuran ban yang lebih besar akan memengaruhi keawetan spare parts lain seperti rantai dan gear.

“Rantai dan gear akan lebih cepat aus karena ukuran ban yang lebih besar dari standar,”ucap Setyo.

Rantai sepeda motor.Shutterstock Rantai sepeda motor.

Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Department Head ban FDR, mengatakan, untuk modifikasi harian, masih butuh faktor kemanan ketika dikendarai. Sehingga jika ingin merubah ukuran ban, jangan terlalu besar perbedaannya dengan yang standar.

“Untuk modifikasi harian, harus melihat dari faktor kenyamanan dan ukuran standar dari peleknya. Bisa naik atau turun satu tingkat untuk lebar dan tinggi dari bannya,” ucap Jimmy kepada Kompas.com.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X